Strategi Pemasaran Opak Gambir Aditya di Desa Sukoanyar Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri ditinjau dari Etika Bisnis Islam

Mahmudah, Siti Nur (2014) Strategi Pemasaran Opak Gambir Aditya di Desa Sukoanyar Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri ditinjau dari Etika Bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931307010-prabab.pdf

Download (349kB)
[img] Text
931307010-bab1.pdf

Download (357kB)
[img] Text
931307010-bab2.pdf

Download (401kB)
[img] Text
931307010-bab3.pdf

Download (106kB)
[img] Text
931307010-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
931307010-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
931307010-bab6.pdf

Download (107kB)

Abstract

Perusahaan Opak Gambir Aditya adalah sebuah perusahaan yang dimiliki oleh seorang muslim. Pelaku bisnis muslim hendaknya memiliki kerangka etika bisnis yang kuat, sehingga dapat mengantarkan aktifitas bisnis yang nyaman dan berkah. Penjualan merupakan hal utama bagi sebuah usaha agar dapat tercapai dan berhasil sesuai dengan yang diharapkan.Strategi pemasaran merupakan rencana menyeluruh tentang kegiatan dan yang akan dijalankan untuk dapat mencapai tujuan suatu perusahaan. Sebagai pelaku bisnis muslim yang ideal dalam hal pemasaran, strategi yang digunakan harus sesuai dengan prinsip-prinsip yang tidak bertentangan dengan Islam. Ini menjadi menarik untuk diteliti bagaimana cara-cara yang dilakukan perusahaan Opak Gambir Aditya di Desa Sukoanyar Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri dalam memasarkan produknya apabila ditinjau dari Etika Bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang sumber data utamanya didapat dari wawancara, selebihnya adalah data tambahan seperti dari dokumen, hasil pengamatan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga cara yaitu: penyederhanaan data, pengujian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam memasarkan produk dipasar perusahaan harus mempunyai strategi pemasaran agar dapat menentukan tujuan dan sasarannya yaitu mencapai tingkat keuntungan tertentu yang diharapkan. Perusahaan Aditya menggunakan marketing mix, diantaranya yaitu: produk yang dihasilkan perusahaan(product) halal dan thayyib serta dapat memuaskan masyarakat, strategi harga penjualan produk(price) digunakan sebagai alat kompetisi yang sehat, strategi distribusi(place) yang mengutamakan keamanan dan keutuhan barang, strategi pemasaran produk(promotion) sebagai sarana memperkenalkan barang dengan cara mendatangi konsumen secara langsung. Mengenai strategi pemasaran menggunakan etika bisnis Islam antara lain: tauhid, adil, nubuwah, khilafah yang menonjolkan sikap kejujuran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 14 Oct 2019 23:03
Last Modified: 14 Oct 2019 23:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/752

Actions (login required)

View Item View Item