Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif: Studi Multisitus Di SDN Burengan 5 & SD Plus Rahmat Kota Kediri

Falakhudin, An'im (2020) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif: Studi Multisitus Di SDN Burengan 5 & SD Plus Rahmat Kota Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101418008_prabab.pdf

Download (580kB)
[img] Text
92101418008_bab1.pdf

Download (431kB)
[img] Text
92101418008_bab2.pdf

Download (767kB)
[img] Text
92101418008_bab3.pdf

Download (366kB)
[img] Text
92101418008_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
92101418008_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
92101418008_bab6.pdf

Download (203kB)
[img] Text
92101418008_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

SDN Burengan 5 & SD Plus Rahmat merupakan lembaga pendidikan dengan sistem inklusif. Pendidikan agama Islam sebagai salah satu mata pelajaran yang mempunyai peran penting. Pihak sekolah berkewajiban memberikan pelajaran pendidikan agama Islam kepada setiap anak, baik itu anak normal maupun berkebutuhan khusus untuk menjadikan manusia yang beriman dan bertakwa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahun tujuan, metode, evaluasi serta kendala pembelajaran PAI di SDN Burengan 5 dan SD Plus Rahmat Kediri. Jenis peneltian dalam tesis ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi multisitus. Seluruh data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi 1) analisis data individu yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. 2) analisis data lintas situs. Pengecekan keabsahan data temuan dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, analisis kasus negatif, triangulasi dan mengadakan member check. Hasil penelitian menunjuakan bahwa: (1) tujuan pembelajaran di SDN Burengan 5 maupun SD Plus Rahmat kediri tidak jauh berbeda dengan anak normal pada umumnya, hanya ada sedikit perbedaan yang di unggulkan seperti menumbuhkan kemandirian, menumbuhkan percaya diri dan menanamkan kemampuan dasar PAI. (2) metode pembelajaran di SDN Burengan 5 dan SD Plus Kediri sama seperti anak reguler yang lain diantaranya Metode ceramah, tanya jawab, dikte, hafalan, pemberian latian/drill dll. Letak perbedaan untuk ABK yaitu perhatian guru dalam proses belajar mengajar.(3) Evaluasi di SDN Burengan 5 dan SD Plus Rahmat Kediri tidak terdapat perbedaan diantaranya meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dengan menggunakan teknis tes dan non tes. Sedangkan jenis evaluasi diantaranya evaluasi formatif, evaluasi sumatif dan evaluasi diagnostik. (4) Hambatan pembelajaran di SDN Burengan 5 terdapat faktotr internal dan eksternal. faktor internal mencakup Karakter dan keinginan anak yang berbeda, Anak mudah bosan, Kurangnya motivasi pada ABK. untuk faktor eksternal, Kurangnya guru pendamping khusus, Kurangnya pemahaman guru PAI tentang ABK, Faktor keluarga. Untuk hambatan di SD Plus Rahmat juga terdapat faktor internal dan eksternal. faktor internal berupa faktor motifasi dan factor kecapean, dari faktor eksternal berupa Kurangnya pemahaman guru PAI tentang ABK dan Faktor keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AN'IM FALAHUDIN
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:17
Last Modified: 19 Jan 2023 02:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7519

Actions (login required)

View Item View Item