Pengaruh Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shampoo Pantene (Studi pada Siswi SMKN 2 Kediri Kelas XI)

Reza, Mohammad Wildan (2022) Pengaruh Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shampoo Pantene (Studi pada Siswi SMKN 2 Kediri Kelas XI). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931351915_prabab.pdf

Download (821kB)
[img] Text
931351915_bab1.pdf

Download (572kB)
[img] Text
931351915_bab2.pdf

Download (375kB)
[img] Text
931351915_bab3.pdf

Download (326kB)
[img] Text
931351915_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
931351915_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
931351915_bab6.pdf

Download (125kB)
[img] Text
931351915_daftar_pustaka.pdf

Download (109kB)

Abstract

Kelompok referensi disebut juga sebagai acuan atau rujukan. Kelompok referensi merupakan sekelompok orang yang secara nyata mempengaruhi perilaku seorang secara langsung atau tidak langsung. Kelompok referensi ini berguna sebagai referensi seseorang dalam pengambilan keputusan. Sedangkan keputusan pembelian adalah tindakan dari konsumen untuk mau membeli atau tidak terhadap produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan pembelian Siswi SMKN 2 Kediri Kelas XI pada Merek Shampoo Pantene. Penelitian ini termasuk penelitian kausal asosiatif yang meneliti pengaruh hubungan variabel bebas dan variabel terikat. Sedangkan berdasarkan data, penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen Shampoo Pantene yang juga merupakan siswa Siswi SMKN 2 Kediri Kelas XI, yakni sejumlah 63 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel total yakni jumlah seluruh siswa konsumen Shampoo Pantene yang berjumlah 63 siswa.. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, analisis data mengunakan metode regresi linier sederhana dan analisis korelasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa variabel kelompok referensi (X) termasuk dalam kategori cukup dan variabel keputusan pembelian (Y) termasuk dalam kategori cukup. Dari hasil perhitungan korelasi menunjukkan bahwa nilai r sebesar 0,535 berarti berkorelasi cukup kuat. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y=32,839 + 0,508X. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh nilai t hitung adalah sebesar 4,951. Nilai t tersebut akan dibandingkan dengan nilai t tabel (n= 63, df=1) yaitu 1.669 dan nilai signifikasi (Sig.) 0,000 < 0,05. Dapat dibuktikan bahwa thitung > ttabel atau taraf signifikan ≤ 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh yang nyata (signifikan) variabel kelompok referensi (X) terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Nilai koefisien determinasi (r square) menunjukkan nilai 0,287, hal tersebut menyatakan bahwa kelompok referensi menyumbang pengaruh sebesar 28,7% terhadap keputusan pembelian, sedangkan 71,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak menjadi bahasan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Moh. Wildan Reza
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:26
Last Modified: 13 Jan 2023 07:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7473

Actions (login required)

View Item View Item