Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas VIII Pada Masa Pandemi Di MTsN 4 Kediri

Rozaaqi, Abdur (2022) Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas VIII Pada Masa Pandemi Di MTsN 4 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932133815_prabab.pdf

Download (581kB)
[img] Text
932133815_bab1.pdf

Download (194kB)
[img] Text
932133815_bab2.pdf

Download (203kB)
[img] Text
932133815_bab3.pdf

Download (59kB)
[img] Text
932133815_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
932133815_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
932133815_bab6.pdf

Download (35kB)
[img] Text
932133815_daftarpustaka.pdf

Download (99kB)
[img] Text
932133815_suratpernyataan.pdf

Download (292kB)

Abstract

ABDUR ROZAAQI Dosen pembimbing Dr. Iskandar Tsani, M.Ag. dan Novi Rosita Rahmawati, M.Pd: strategi guru akidah akhlak dalam membentuk karkater religius siswa kelas VIII pada masa pandemi di mtsn 4 kediri. program studi pendidika agama islam, fakultas tarbiyah, institut agama islam negeri kediri, 2022. kata kunci : strategi guru, karakter siswa, pembelajaran daring Pada hakikatnya pendidikan bertujuan untuk membantu manusia untuk menjadi cerdas dan pintar sekaligus menjadikan manusia yang baik sesuai nilai yang terkandung dalam syariat agama. Karakter religius dapat terbentuk melalui pendidikan, dengan guru profesional yang memiliki strategi efektif dan tepat sasaran serta mata pelajaran yang menunjang, seperti mata pelajaran Akidah Akhlak. Fokus penelitian ini yaitu Bagaimana strategi guru Akidah Akhlak dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pembentukan karakter religius siswa kelas VIII pada masa pandemi di MTsN 4 Kediri.Sedangkan metode penelitian yang dipakai menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang di gunakan yaitu analisis data interaktif dengan tahapan reduksi data, display data, dan penyimpulan. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa Strategi guru akidah akhlak dalam merencanakan membentuk karakter religius siswa kelas VIII selama pandemi di MTsN 4 Kediri dilaksanakan dengan membuat kurikulum darurat dan RPP Daring. Kemudian dalam pelaksanaan VIII melalui metode pembelajaran daring yaitu membiasakan siswa membaca melalui metode Al-Quran, metode kebiasaan sholat Dhuha menjadikan siswa karakter religius dan metode guru teladan membuat siswa disiplin, dan aktif mengingatkan dan memotivasi siswa untuk beribadah dan rajin belajar. Kemudian dalam evaluasi Penilaian MTsN 4 Kediri melalui pekerjaan rumah, guru aqidah akhlak menilai strategi pembentukan karakter siswa melalui metode pembelajaran online, seperti grub Whattshap dan Google Mail.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdur Rozaaqi
Date Deposited: 12 Jan 2023 07:14
Last Modified: 12 Jan 2023 07:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7465

Actions (login required)

View Item View Item