Al Habibi, Muhammad Fuad Muzaqi (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Pada Pembiayaan Murabahah di BMT Rahmat Semen Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931408517_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
931408517_bab1.pdf Download (295kB) |
|
Text
931408517_bab2.pdf Download (324kB) |
|
Text
931408517_bab3.pdf Download (164kB) |
|
Text
931408517_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
|
Text
931408517_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
|
Text
931408517_bab6.pdf Download (158kB) |
|
Text
931408517_daftarpustaka.pdf Download (221kB) |
|
Text
931408517_SP.pdf Download (215kB) |
Abstract
MUHAMMAD FUAD MUZAQI AL HABIBI, 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Pada Pembiayaan Murabahah di BMT Rahmat Semen Kediri. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Kediri. Dosen Pembimbing Dr. Hj. Naning Fatmawatie, SE., MM. dan Choiril Anam, M.E.I Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Anggota, dan Pembiayaan Murabahah Kualitas pelayanan merupakan suatu perlakuan atau berupa fasilitas yang diberikan oleh perusahaan kepada konsumen yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak menimbulkan kepemilikan terhadap sesuatu yang sifatnya berkualitas atau tidak berkualitas. Sedangkan kepuasan anggota (nasabah) merupakan tingkat perasaan anggota setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dia terima dibandingkan dengan harapannya. Anggota akan merasa puas jika kinerja yang diberikan oleh suatu perusahaan sesuai atau melebihi dengan apa yang diharapkannya, dan sebaliknya apabila anggota mendapatkan kinerja perusahaan yang tidak sesuai dengan harapannya maka ia akan kecewa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan mengetahui kepuasan anggota pada pembiayaan murabahah di BMT Rahmat Semen Kediri, serta untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota pada pembiayaan murabahah di BMT Rahmat Semen Kediri. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang dimaksudkan untuk mencari hubungan atau pengaruh satu variabel atau lebih variabel bebas dengan satu atau lebih variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota yang mengambil pembiayaan murabahah di BMT Rahmat Semen Kediri yang sudah memakai produk tersebut lebih dari satu kali, yaitu sebanyak 183 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X) dan kepuasan nasabah (Y) masing-masing termasuk dalam kategori cukup. Selanjutnya, hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada pembiayaan murabahah di BMT Rahmat Semen Kediri adalah cukup kuat, hasil ini berdasarkan korelasi pearson product moment diperoleh hasil sebesar 0,585 terletak di antara nilai 0,40-0,599. Analisis uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau 5,686 > 1,99897 menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan nasabah pada pembiayaan murabahah di BMT Rahmat Semen Kediri. Analisis uji determinasi (R2) menunjukkan bahwa besarnya nilai R square sebesar 0,343 artinya besarnya pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah sebesar 34,3% sedangkan sisanya 65,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini, yaitu faktor kualitas produk, emosional, tingkat margin, dan biaya administrasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1504 Commercial Services |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Muhammad fuad Muzaqi Al Habibi |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 04:08 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 04:08 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7375 |
Actions (login required)
View Item |