Erisa P, F’nicha Dian A.’Izah (2022) Evaluasi Program Tahfidzul Qur’an Metode Thoriqoty Di Yayasan Ulil Albab Sambi Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932129918_PRABAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932129918_BAB1.pdf Download (397kB) |
|
Text
931129918_BAB2.pdf Download (366kB) |
|
Text
931129918_BAB3.pdf Download (247kB) |
|
Text
931129918_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
|
Text
931129918_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
|
Text
932129918_BAB6.pdf Download (126kB) |
|
Text
932129918_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (632kB) |
Abstract
ABSTRAK F’NICHA DIAN A.’IZAH ERISA P, Dosen Pembimbing Dr. Iskandar Tsani, M.Ag dan Dr. Septia Purwaningrum, M.Pd.I, Evaluasi Program Tahfidzul Qur’an Metode Thoriqoty di Yayasan Ulul Albab Sambi, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata kunci: Evaluasi Program, Tahfidzul Qur’an, Metode Thoriqoty Dengan adanya Tahfidzul Qur’an metode Thoriqoty di Yayasan Ulil Albab Sambi menjadi terobosan baru masyarakat Sambi untuk mendaftarkan anaknya di sana karena di Yayasan Ulil Albab Sambi merupakan satu satunya Yayasan yang menerapkan Tahfidzul Qur’an metode Thoriqoty. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) evaluasi terhadap contexs Tahfidzul Qur’an metode Thoriqoty, 2) evaluasi terhadap input Tahfidzul Qur’an metode Thoriqoty, 3) evaluasi terhadap process Tahfidzul Qur’an metode Thoriqoty, dan 4) evaluasi terhadap product Tahfidzul Qur’an metode Thoriqoty Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi, dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dipopulerkan oleh Daniel L. Sufflebeam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi,dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap diantaranya, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang sudah lengkap kemudian divalidasi dengan dilakukan triangulasi teknik dan sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil evaluasi terhadap Context program Tahfidzul Qur’an metode thoriqoty di Yayasan Ulil Albab menunjukkan bahwa program memiliki tujuan dan legalitas program serta dukungan lingkungan yang jelas. 2) hasil evaluasi terhadap input program Tahfı̂dzul Qur’an diketahui bahwa kompetensi yang dimiliki guru tahfı̂dz sesuai karena mempunyai hafalan dan kemampuan dalam pemahaman membaca Al- Qur’an, sedangkan peserta didik dalam mengikuti program Tahfidzul Qur’an ini memiliki antusias menghafal yang tinggi. Selain itu program ini didukung dengan sarpras yang baik, terlebih dengan adanya buku pedoman yang dimiliki oleh masing- masing peserta didik. 3) hasil evaluasi terhadap process program Tahfı̂dzul Qur’an menunjukkan bahwa, proses pelaksanaan pembelajaran Tahfı̂dzul Qur’an berjalan lancar dan sesuai dengan yang telah direncanakan. Metode yang digunakan yaitu thoriqoty, dan yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran Tahfı̂dzul Qur’an yaitu kurangnya waktu jam pelajaran dan kurangnya guru pembimbing tahfı̂dzul Qur’an dalam satu kelas. 4) hasil evaluasi terhadap product menunjukan bahwa pencapaian peseta didik Yayasan Ulil Albab sudah mencapai target yang diinginkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | F`Nicha Dian A.Izah Erisa P |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 06:32 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 06:32 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7333 |
Actions (login required)
View Item |