Maulidia, Lutfiana Shofia (2018) Strategi Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Kegiatan Kerohanian Islam di SMK PGRI 2 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932113214-prabab.pdf Download (551kB) |
|
Text
932113214-bab1.pdf Download (228kB) |
|
Text
932113214-bab2.pdf Download (198kB) |
|
Text
932113214-bab3.pdf Download (128kB) |
|
Text
932113214-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
|
Text
932113214-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
|
Text
932113214-bab6.pdf Download (244kB) |
|
Text
932113214-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Guru merupakan personalita yang paling penting dalam pendidikan karakter di sekolah. Sebagian besar interaksi yang terjadi di sekolah adalah interaksi peserta didik dengan guru. Baik melaksanakan proses pembelajaran akadmik kurikuler, ko-kurikuler, ataupun ekstra kurikuler. Pemahaman guru tentang pentingnya pendidikan karakter sangat menentukan keberhasilan implementasi pendidikan karakter di sekolah. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah pelaksanaan kegiatan Kerohanian Islam di SMK PGRI 2 Kediri. 2) Bagaimanakah strategi guru PAI dalam pembentukan karakter siswa melalui kegiatan Kerohanian Islam di SMK PGRI 2 Kediri. 3) Bagaimanakah karakter siswa setelah mengikuti Kegiatan Kerohanian Islam di SMK PGRI 2 Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan kegiatan Kerohanian Islam di SMK PGRI 2 Kediri, untuk mengetahui bagaimanakah strategi guru PAI dalam pembentukan karakter siswa melalui kegiatan Kerohanian Islam di SMK PGRI 2 Kediri, untuk mengetahui bagaimanakah karakter siswa setelah mengikuti Kegiatan Kerohanian Islam di SMK PGRI 2 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenisnya adalah studi kasus, dengan mengambil latar di SMK PGRI 2 Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga cara: Satu, melakukan reduksi data (mengolah data). Dua, menyajikan data sesuai dengan pokok bahasan. Tiga, menyimpulkan data atau memverifikasi data. Dan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan penelitian, pengecekan keabsahan data dan melakukan teknik triangulasi. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa 1) Pelaksanaan kegiatan Kerohanian Islam di SMK PGRI 2 Kediri berjalan dengan baik sesuai jadwal yang sudah di bentuk. 2) Strategi Guru PAI dalam membentuk karakter siswa melalui kegiatan Kerohanian Islam di SMK PGRI 2 Kediri melalui teladan yang baik terkait sikap kedisiplinan, meneladani sikap dari kisah-kisah Rasul, metode pembiasaan, ceramah, Tanya jawab, hukuman dan evaluasi. 3) Karakter siswa setelah mengikuti kegiatan Kerohanian Islam di SMK PGRI 2 Kediri terbukti baik sesuai dengan nilai-nilai karakter bangsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 07 Oct 2019 04:11 |
Last Modified: | 07 Oct 2019 04:11 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/733 |
Actions (login required)
View Item |