Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air Di SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih

Ananda, Shelva Yulia (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air Di SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932610118_prabab.pdf

Download (371kB)
[img] Text
932610118_bab1.pdf

Download (218kB)
[img] Text
932610118_bab2.pdf

Download (249kB)
[img] Text
932610118_bab3.pdf

Download (188kB)
[img] Text
932610118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
932610118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
932610118_bab6.pdf

Download (64kB)
[img] Text
932610118_daftar_pustaka.pdf

Download (132kB)
[img] Text
932610118_suratpernyataan.pdf

Download (226kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air di Kelas V SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih”, yang di tulis oleh Shelva Yulia Ananda. NIM. 932610118. Kata Kunci:, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA materi siklus air. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA, hal ini disebabkan minimnya inovasi metode pembelajaran yang diterapkan pendidik dalam proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, dibutuhkan metode pembelajaran yang dapat merubah hasil belajar peserta didik ke arah yang lebih baik serta membuat peserta didik ikut mengalami sendiri proses pembelajaran di dalam kelas. Pembelajaran IPA umumnya pendidik menggunakan model dan metode pembelajaran yang lebih inovatif, namun masih ditemukan guru yang menggunakan metode konvensional atau ceramah dalam mengajarkan IPA. Maka dari itu, penulis akan melakukan penelitian untuk membuktikan pengaruh positif Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti menemukan satu rumusan masalah yaitu bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament terhadap hasil belajar IPA materi siklus air pada kelas V di SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar yang ada di kelas V di SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik kelas V-Hambaly dan V-Hanafy di SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai profil SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih, sarana dan prasarana, dan data peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji Independent t-test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) = 0.000 < 0,005 jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian model pembelajaran TGT berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata mata pelajaran IPA materi siklus air di kelas V SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shelva Yulia Ananda
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:39
Last Modified: 29 Dec 2022 07:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7320

Actions (login required)

View Item View Item