Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas Unggulan Di MTs Negeri 2 Kediri

Makmun, Sukron (2022) Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas Unggulan Di MTs Negeri 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932410018_prabab.pdf

Download (361kB)
[img] Text
932410018_bab1.pdf

Download (130kB)
[img] Text
932410018_bab2.pdf

Download (242kB)
[img] Text
932410018_bab3.pdf

Download (160kB)
[img] Text
932410018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
932410018_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text
932410018_bab6.pdf

Download (42kB)
[img] Text
932410018_daftarpustaka.pdf

Download (142kB)
[img] Text
932410018_suratpernytaan.pdf

Download (315kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pesatnya pembangunan dan meningkatnya prestasi siswa di MTs Negeri 2 Kediri dibandingkan MTs lain yang ada di kediri. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat seberapa besar peran sarana dan prasarana pendidikan dalam peningkatan minat belajar siswa kelas unggulan. Karena selama ini pendidikan madrasah banyak dinilai sebelah mata oleh masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan data deskriptif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data dengan tahap: pengumpulan data, reduksi data dan data display. Pada penelitian ini jumlah narasumber yang akan dimintai informasi berjumlah tiga yaitu: Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bidang Sarana dan Prasarana dan Guru Kelas Unggulan. Penelitian ini dilaksankan di MTsN 2 Kediri dengan fokus penelitian: Perencanaan sarana dan prasara, pemanfaatan sarana dan prasarana, perawatan sarana dan prasarana dan peran sarana dan prasarana dalam peningkatan minat belajar siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu: perencanaan sarana dan prasarana di MTsN 2 Kediri dilakukan dengan melihat aspek kebutuhan dan kemampuan selain itu pihak yang terlibat meliputi kepala sekolah, bidang sarpras, guru, ketua tatausaha, bendahara dan komite. Perawatan sarana dan prasarana dilakukan berdasarkan jenis barang (bergerak tidak bergerak) dan berkala (setiap saat, setelah dan sebelum memakai, setiap bulan dan semester). Sedangkan pemanfaatan sarana dan prasarana dalam proses belajar mengajar masih kurang maksimal, karena tidak semua guru memanfaatkan sarana dan prasarana pembelajaran yang sudah disediakan. Selain itu sarpras di Lap IPA masih kurang memadahi atau belum lengkap. Hal tersebut juga terjadi di Perpustakaan madrasah yang masih kurang lengkap koleksinya dan juga luas ruangan yang sempit. Disamping itu Pustakawan juga kekurangan tenaga dalam mengelola perpustakaan. Meski demikian minat dan antusias siswa dalam memanfaatkan sarana dan prasarana dinilai masih tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sukron Makmun
Date Deposited: 27 Dec 2022 07:54
Last Modified: 27 Dec 2022 07:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7287

Actions (login required)

View Item View Item