Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Di MI Tarbiyatul Athfal Ngasem Kabupaten Kediri

Andrian, Maulana Vega (2022) Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Di MI Tarbiyatul Athfal Ngasem Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932409918_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932409918_bab1.pdf

Download (141kB)
[img] Text
932409918_bab2.pdf

Download (250kB)
[img] Text
932409918_bab3.pdf

Download (331kB)
[img] Text
932409918_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)
[img] Text
932409918_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
932409918_bab6.pdf

Download (10kB)
[img] Text
932409918_daftarpustaka.pdf

Download (122kB)
[img] Text
932409918_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Maulana Vega Andrian (NIM : 932409918). Dosen Pembimbing I Erwin Indrioko, M.Pd.I, Dosen Pembimbing II Intan Nuyulis Naeni Puspitasari, M.Pd.I. Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Jumlah Persrta Didik di MI Tarbiyatul Athfal Ngasem Kabupaten Kediri, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2022. Kata Kunci : Strategi, Kepala Madrasah, Peningkatan Peserta Didik. Pendidikan menjadi investasi yang memberi keuntungan sosial dan pribadi yang menjadikan bangsa yang bermartabat dan individunya menjadi manusia yang memiliki derajat. Agar bisa mempertahankan eksistensinya, sekolah dituntut untuk dapat memasarkan sekolahnya. Seperti halnya MI Tarbiyatul Athfal berusaha semaksimal mungkin untuk selalu memberikan pelayanan jasa yang prima, pelayanan fasilitas dan pembinaan karakter. Dengan demikian hal itu harus disertai dengan strategi Kepala Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perumusan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di MI Tarbiyatul Athfal Ngasem Kabupaten Kediri. 2) Pelaksanaan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di MI Tarbiyatul Athfal Ngasem Kabupaten Kediri. 3) Evaluasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di MI Tarbiyatul Athfal Ngasem Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perumusan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di MI Tarbiyatul Athfal Ngasem Kabupaten Kediri yaitu dengan merumuskan strategi, seperti menentukan visi dan misi, menentukan peluang dan ancaman eksternal madrasah, menyikapi kekuatan dan kelemahan, menentukan jangka panjang, dan menentukan strategi alternatif. 2) Pelaksanan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di MI Tarbiyatul Athfal Ngasem Kabupaten Kediri yaitu menyesuaian antara perumusan strategi dengan sasaran tahunan, pelaksanaan kebijakan, pelaksanaan motivasi, dan pengalokasian sumber daya. 3) Evaluasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di MI Tarbiyatul Athfal Ngasem Kabupaten Kediri yaitu mengevaluasi terhadap faktor eksternal dan internal madrasah, mengevalusi terhadap keberhasilan kepala madrasah, dan mengevaluasi terhadap ketidaksesuaian antara perumusan strategi dengan pelaksanaan strategi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maulana Vega Andrian
Date Deposited: 26 Dec 2022 08:04
Last Modified: 26 Dec 2022 08:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7277

Actions (login required)

View Item View Item