Analisa Perilaku Konsumen Dalam Penggunaan Internet Ditinjau Dari Prinsip Konsumsi Islam (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan Tahun 2013)

Ariani, Desi (2020) Analisa Perilaku Konsumen Dalam Penggunaan Internet Ditinjau Dari Prinsip Konsumsi Islam (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan Tahun 2013). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931320413_prabab.pdf

Download (661kB)
[img] Text
931320413_bab1.pdf

Download (286kB)
[img] Text
931320413_bab2.pdf

Download (372kB)
[img] Text
931320413_bab3.pdf

Download (109kB)
[img] Text
931320413_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
931320413_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
931320413_bab6.pdf

Download (63kB)
[img] Text
931320413_daftarpustaka.pdf

Download (150kB)
[img] Text
931320413_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)
[img] Text
931320413_suratpernyataan.pdf

Download (225kB)

Abstract

ABSTRAK DESI ARIANI, Dosen Pembimbing, Bapak ACHMAD MUNIF, SE, MM. Dan Bapak AMRUL MUTAQIN, M.EI : Analisa Perilaku Konsumen dalam Penggunaan Internet diTinjau dari Prinsip Konsumsi Islam (Studi kasus Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan Tahun 2013), Ekonomi Syariah, Ekonomi dan Bisnis Islam,IAIN Kediri,2020. Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Penggunaan Internet, Prinsip Konsumsi Islam Meningkatnya jumlah pengguna internet mencapai 171,17 juta jiwa di tahun 2018 menunjukkan jumlah yang melampaui setengah total penduduk Indonesia yakni 54,68 persen. Internet sangat berguna namun peran manusia sebagai pengguna dalam menggunakan internet sangat berarti karena tidak dapat dipungkiri banyak kemudharatan atau pengaruh negatif dari internet tersebut. Mahasiswa merupakan representasi dari sekian banyak konsumen muslim yang menggunakan jasa internet. berkembangnya fasilitas-fasilitas internet dapat menunjang kegiatankegiatan mahasiswa. Namun permasalah muncul ketika penggunaan internet mengarah ke hal-hal yang negatif dan berlebihan. Sebagai representasi dari masyarakat muslim tentunya dalam hal konsumsi memiliki prinsip-prinsip tersendiri yang sesuai dengan ajaran agama. Berangkat dari konteks ini peneliti ingin mengetahui bagaimana perilaku konsumsi mahasiswa program studi ekonomi syariah IAIN Kediri angkatan 2013 dalam penggunaan internet dan ditinjau dari prinsip konsumsi islam. Dalam penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif, kehadiran peneliti di lokasi penelitian sangat penting karena peneliti merupakan instrumen kunci untuk mengangkat apa yang ada di lapangan. Ungkapan dan tindakan yang di peroleh dari Mahasiswi di Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Kediri angkatan tahun 2013 merupakan sumber data primer, sedangkan sumber data sekunder berupa dokumen melalui observasi, dan dokumentasi. Dari penelitian yang telah dilakukan mengungkapkan bahwa aktivitas yang dominan dilakukan mahasiswa adalah aktivitas pencaraian informasi dan kesenangan yang tanpa disadari mereka menggunakan internet secara berlebihan dan biaya yang dikeluarkan menjadi banyak. Penggunaan internet mereka dipengaruhi oleh besarnya penghasilan yang didapat, gaya hidup yang selalu mengikuti perkembangan jaman, serta lingkungan sekitar. perilaku konsumsi mahasiswa Ekonomi Syariah angkatan 2013 kurang memperhatikan manfaat dan pengeluaran yang sering kali belum sesuai dengan prinsip syariah dan prinsip kuantitas sesuai QS. Al-An’am:162 tentang tujuan utama konsumsi yakni beribadah kepada Allah dan QS. Al-furqan:67 tentang larangan israf (boros dan berlebihlebihan).Meskipun begitu perilaku konsumsi dalam menggunakan internet sudah sesuai dengan prinsip prioritas yakni memperhatikan urutan kepentingan mana yang harus didahulukan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Desi Ariani
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:22
Last Modified: 26 Dec 2022 03:22
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7266

Actions (login required)

View Item View Item