Pengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas VIII SMP HM Lirboyo

Nuwayyar, Salma Rofida (2022) Pengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas VIII SMP HM Lirboyo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933411318_prabab.pdf

Download (485kB)
[img] Text
933411318_bab1.pdf

Download (235kB)
[img] Text
933411318_bab2.pdf

Download (215kB)
[img] Text
933411318_bab3.pdf

Download (139kB)
[img] Text
933411318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
933411318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
933411318_bab6.pdf

Download (91kB)
[img] Text
933411318_daftarpustaka.pdf

Download (82kB)
[img] Text
933411318_suratpernyataan.pdf

Download (281kB)

Abstract

ABSTRAK ROFIDA NUWAYYAR, SALMA. 2022. “Pengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap Kedisiplinan Pada Siswa Kelas VIII SMP HM Lirboyo Kabupaten Kediri” Fakultas Ushuludin dan Dakwah. Dosen Pembimbing Yuli Darwati, M.Si dan Gigih Wahyu Pratomo, M.A: Program Studi Psikologi Islam, IAIN Kediri. Kata Kunci: Keharmonisan Keluarga, Kedisiplinan Siswa, SMP HM Lirboyo Kedisiplinan memiliki arti sifat mental yang mengandung kerelaan dalam menaati seluruh ketetapan aturan serta norma yang terdapat pada menjalankan tugas serta tanggung jawab. Keharmonisan keluarga adalah kondisi yang utuh serta bahagia, didalamnya terdapat hubungan kekeluargaan yang memberi rasa aman serta tentram untuk tiap anggotanya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat keharmonisan keluarga, tingkat kedisiplinan, dan tingkat pengaruh keharmonisan keluarga terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII SMP HM Lirboyo Kabupaten Kediri. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif hubungan kausal. Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik Kelas VIII SMP HM Lirboyo Kabupaten Kediri dengan jumlah 60 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu total sampling, yaitu metode penentuan sampel jika seluruh anggota populasi dipakai sebagai sampel apabila populasi kurang dari 100 responden. Sehingga dalam penelitian ini sampel berjumlah 60 siswa atau responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keharmonisan keluarga siswa kelas VIII SMP HM Lirboyo masuk dalam kategori cukup tinggi. Hasil ini sesuai dengan rata-rata (mean) senilai 76,83 yang berada di antara skor 73,33 dan 80,33. Selanjutnya, kedisiplinan siswa kelas VIII SMP HM Lirboyo masuk dalam kategori cukup tinggi. Hasil ini sesuai dengan rata-rata (mean) senilai 92,05 yang berada di antara skor 88,31 dan 95,79. Diketahui nilai (constant) pada tabel yaitu 78,648. Sedangkan pada tabel kelompok referensi memiliki nilai sebanyak 0,174. Sehingga persamaan regresi nya dapat ditulis:Y= a + bx dan Y = 78,648 + 0,174x. Artinya setiap peningkatan kedisiplinan siswa 1%, maka angka kenaikan variabel keharmonisan keluarga adalah 17,4%. Diketahui nilai uji t hitung adalah 7,362. Nilai T tersebut akan dibandingkan dengan nilai T tabel (n=60,df=1) yaitu 2,042. Dibandingkan dengan t tabel, nilai t hitung lebih besar dari T tabel. Sehingga Ho ditolak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara keharmonisan keluarga dengan kedisiplinan siswa. Selanjutnya koefisien determinasi atau R square sebesar 0,254 atau 25,4%. Artinya besarnya pengaruh keharmonisan keluarga terhadap kedisiplinan siswa sebesar 25,4% sedangkan sisanya 74,6% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1702 Cognitive Sciences > 170204 Linguistic Processes (incl. Speech Production and Comprehension)
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Salma Rofida Nurwayyar
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:58
Last Modified: 21 Dec 2022 07:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7226

Actions (login required)

View Item View Item