Pengaruh Tipe Pengasuhan Orang Tua dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V di MI Raudlatul Ulum Dukuh Ngadiluwih

Anjarwati, Ayu (2022) Pengaruh Tipe Pengasuhan Orang Tua dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V di MI Raudlatul Ulum Dukuh Ngadiluwih. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932107516_prabab.pdf

Download (500kB)
[img] Text
932107516_bab1.pdf

Download (195kB)
[img] Text
932107516_bab2.pdf

Download (238kB)
[img] Text
932107516_bab3.pdf

Download (169kB)
[img] Text
932107516_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
932107516_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
932107516_bab6.pdf

Download (97kB)
[img] Text
932107516_daftarpustaka.pdf

Download (973kB)
[img] Text
932107516_suratpernyataan.pdf

Download (274kB)

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan mengendalikan dorongan emosi, mengenali perasaan orang lain dan menjaga hubungan baik dengan orang lain. Kemampuan ini mencakup kontrol diri, semangat dan ketekunan, dan kemampuan memotivasi diri sendiri. Data di MI Raudlatul Ulum,menunjukkan kecerdasan emosional siswa belum tinggi. Kecerdasan emosional siswa dipengaruhi oleh faktor eksternal tipe pengasuhan orang tua yakni bagaimana orang tua mengontrol, membimbing dan mendampingi anak-anaknya untuk melaksanakan tugas-tugas perkembangan menuju pada proses pendewasaan yang lebih baik. Selain tipe pengasuhan orang tua, kecerdasan emosional juga dipengaruhi oleh interaksi teman sebaya, yang merupakan suatu pengorganisasian individu pada kelompok kecil yang mempunyai kemampuan berbeda-beda dimana individu tersebut mempunyai tujuan yang sama . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh tipe pengasuhan orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa. 2) pengaruh interaksi teman sebaya terhadap kecerdasan emosional siswa, 3) pengaruh tipe pengasuhan orang tua dan interaksi teman sebaya terhadap kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah keselurugan populasinya adalah siswa kelas V MI Raudlatul Ulum berjumlah 39 siswa.Instrumen yang digunakan adalah angket tipe pengasuhan oran tua, interaksi teman sebaya dan kecerdasan emosional. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara tipe pengasuhan orang tua terhadap kecerdasan emosional. Hal ini dibuktikan dengan data statistik r sebesar 0,345 dan r square sebesar 0,119 yang berarti kontribusi tipe pengasuhan orang tua terhadap kecerdasan emosional sebesar 11,9% dan 88,1% dipengaruhi oleh faktor lain. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara interaksi teman sebaya terhadap kecerdasan emosional. Hal ini dibuktikan dengan data statistik r sebesar 0,506 dan r square sebesar 0,256, yang berarti kontribusi tipe pengasuhan orang tua terhadap kecerdasan emosional sebesar 25,6 % dan 74,4% dipengaruhi oleh faktor lain. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara tipe pengasuhan orang tua dan interaksi teman sebaya terhadap kecerdasan emosional. Hal ini dibuktikan dengan data statistik r sebesar 0,511 dan r square sebesar 0,261, yang berarti kontribusi tipe pengasuhan orang tua dan interaksi teman sebaya terhadap kecerdasan emosional sebesar 26,1% dan 73,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ayu Anjarwati
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:41
Last Modified: 20 Dec 2022 07:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7207

Actions (login required)

View Item View Item