Zesinta, Soca (2022) Fashion Komunikasi Dalam Goyang Tiktok Pada Akun @Nusantarahouse. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933502318_prabab.pdf Download (957kB) |
|
Text
933502318_bab1.pdf Download (520kB) |
|
Text
933502318_bab2.pdf Download (505kB) |
|
Text
933502318_bab3.pdf Download (276kB) |
|
Text
933502318_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (782kB) |
|
Text
933502318_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (870kB) |
|
Text
933502318_bab6.pdf Download (153kB) |
|
Text
933502318_daftarpustaka.pdf Download (362kB) |
Abstract
Fashion era modern ini menjadi sebuah fenomena yang terus diperbincangkan. Pesatnya perkembangan fashion mampu menempati berbagai posisi penting dalam kehidupan manusia. Salah satunya ialah, sebagai komunikasi yang mampu menyampaikan pesan nonverbal. Dalam perkembangannya, fashion tak lepas dari maraknya penggunaan media sosial saat ini. Salah satu platfrom yang turut meramaikan perkembangan fashion saat ini ialah media sosial TikTok yang didalamnya terdapat banyak sekali konten menarik, salah satunya ialah challenge Goyang TikTok yang mampu memukau banyak orang, termasuk sekolompok influencer yang tergabung dalam akun @nusantarahouse. Uniknya, dalam menampilkan konten goyang Tiktok, para talent @nusantarahouse ini memiliki ciri khas yakni menerapkan gaya busana menarik yang mana hal tersebut merupakan sebuah kecenderungan yang bertujuan untuk mengomunikasikan sebuah pesan atau informasi.Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat bagaimana sebuah fashion dalam fenomena Goyang TikTok jika dilihat dari sudut pandang komunikasi. Penelitian ini dikaji menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif serta menggunakan teori analisis semiotika oleh Charles Sanders Peirce yang dikenal dengan model Triadic yakni Sign (tanda), Object (sesuatu yang dirujuk), dan Interpretant (hasil pertemuan Sign dan Object), yang mana ketiga hal tersebut hanya dapat dipahami ketika ketiganya saling terhubung. Penelitian ini juga dikaji dengan menggunakan konsep fashion sebagai komunikasi. Hasil dari penelitian ini menjukkan bahwa fashion yang dikenakan anggota pada akun @nusantarahouse pada video goyang TikTok merupakan alat untuk mengomunikasikan berbagai makna dalam diri mereka. Makna tersebut di antaranya ialah sebuah citra yang ingin dibangun yakni sekelompok remaja yang memiliki haya hidup kelas atas serta kekinian. Hal itu dapat terlihat dari pemilihan jenis fashion, pemilihan setting tempat dan suasana pengambilan video, serta berbagai macam aksesoris pendukung. Selain itu, terdapat pula kepribadian yang tercermin dari para anggota yang penuh percaya diri melakukan berbagai macam gerakan video yang didukung dengan perpaduan fashion yang dirasa dapat menarik minat khalayak, serta ekspresi yang nampak kompak menikmati setiap video yang dilakukan, serta tampil berani di berbagai tempat dan situasi apapun. Kata kunci : Fashion, Fashion Komunikasi, Goyang TikTok
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Soca Zesinta |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 04:03 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 04:03 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7187 |
Actions (login required)
View Item |