Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Berbasis Adobe Flash Pada Materi Pecahan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V MI Darussalam Brenggolo Kabupaten Kediri

Manggar, Dinda Ayu (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Berbasis Adobe Flash Pada Materi Pecahan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V MI Darussalam Brenggolo Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932611318_prabab.pdf

Download (911kB)
[img] Text
932611318_bab1.pdf

Download (217kB)
[img] Text
932611318_bab2.pdf

Download (458kB)
[img] Text
932611318_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
932611318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932611318_bab5.pdf

Download (131kB)
[img] Text
932611318_daftar pustaka.pdf

Download (195kB)
[img] Text
932611318_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
932611318_suratpernyataan.pdf

Download (347kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas V SD/MI, (2) mengetahui nilai kevalidan media oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi lapangan terhadap produk media yang telah dikembangkan, (3) mengetahui nilai kepraktisan produk media dengan uji blackbox testing, (d) mengetahui nilai keefektivan media pembelajaran interaktif dengan melakukan evaluasi berupa pre-test, post-test dan angket respon siswa yang digunakan untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa pada materi pecahan terhadap media pembelajaran yang telah dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE oleh Lee and Owens. Adapun tahapan dari model penelitian ini yaitu : Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Adapun hasil rata-rata persentase kevalidan media yang diperoleh dari validasi ahli materi materi sebesar 87% kriteria sangat valid, validasi ahli media dengan rata-rata persentase sebesar 78,3% kriteria valid, validasi praktisi lapangan (guru) dengan rata-rata sebesar 94,2% kriteria sangat valid. Selanjutnya, hasil rata-rata persentase kepraktisan yang diperoleh dari lembar angket blackbox testing pada 5 perangkat android yang berbeda jenis dan tipe sebesar 100%. Kemudian, hasil rata-rata persentase keefektivan diperoleh dari N-Gain Score 0,49 yang berada dalam rentang nilai 0,3 ≤ n-gain ≤ 0,7 termasuk dalam kriteria sedang. Selain itu, nilai keefektivan media juga didapat dari angket respon siswa dengan rata-rata persentase 82,1%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dinda Ayu M
Date Deposited: 26 Dec 2022 01:52
Last Modified: 26 Dec 2022 05:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7176

Actions (login required)

View Item View Item