Makna Pesan Iklan: Lemonilo “Apapun Dream Kamu, Wujudkan Bersama Lemonilo X NCT Dream” (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce)

Suprayogi, Annisa Dewi (2022) Makna Pesan Iklan: Lemonilo “Apapun Dream Kamu, Wujudkan Bersama Lemonilo X NCT Dream” (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933501218_Prabab.pdf

Download (5MB)
[img] Text
933501218_bab1.pdf

Download (9MB)
[img] Text
933501218_bab2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
933501218_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
933501218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
933501218_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB)
[img] Text
933501218_daftar_pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933501218_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)
[img] Text
933501218_lembar_pernyataan.pdf

Download (260kB)

Abstract

ABSTRAK ANNISA DEWI SUPRAYOGI, Dosen Pembimbing I Dr. Ropingi, M.Pd. dan Dosen Pembimbing II Febri Hijro Muklis, M.Hum.: Makna Pesan Iklan: Lemonilo “Apapun Dream Kamu, Wujudkan Bersama Lemonilo X NCT Dream” (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce), Komunikasi dan Penyiaran Islam, Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Makna, Pesan Iklan, Semiotika, Lemonilo. Lemonilo merupakan salah satu produk mie instan yang menggunakan bahan alami sebagai bahan baku pada produknya. Iklan terbaru yang diproduksi oleh PT. Lemonilo Indonesia Sehat yaitu berkolaborasi dengan boyband Korea Selatan yang bernama NCT Dream. Dengan adanya NCT Dream sebagai model dalam iklan terbaru dari Lemonilo, dapat membuat brand Lemonilo menjadi naik, karena sasaran dari iklan Lemonilo ini adalah para remaja atau generasi milenial terutama mereka yang menyukai K-pop, atau bahkan fans dari NCT Dream itu sendiri. Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengetahui tanda dan makna yang terdapat pada iklan Lemonilo terbaru versi “Apapun Dream Kamu, Wujudkan Bersama Lemonilo”. Karena iklan Lemonilo ini telah banyak mencuri perhatian masyarakat, terbukti pada media sosial Youtube, iklan ini telah ditonton sebanyak 3,1 juta orang. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan dengan analisis semiotika menggunakan prespektif tokoh Charles Sanders Pierce sebagai pedoman penelitian. Yang mana semiotika menurut Charles Sanders Pierce sendiri merupakan tanda sebagai bagian yang tak dapat terpisakan dengan objek referensinya serta pemahaman subjek atas tanda, atau yang biasa dipahami dengan interpretant. Dalam penelitian ini deperoleh tujuh tanda dengan jenis indeks dan simbol serta dapat dimaknai iklan Lemonilo ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa mie Lemonilo merupakan mie sehat yang baik dikonsumsi, hal ini dibuktikan dengan jargon Lemonilo adalah mie sehat tanpa 3P (pengawet, pewarna, dan perasa buatan). Makna selanjutnya yaitu Lemonilo ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa mie Lemonilo selain sehat juga memiliki rasa yang enak dan lezat. Dan selanjutnya makna terakhir yaitu Lemonilo ingin menyampaikan melalui iklan bahwa Lemonilo merupakan mie yang disukai generasi milenial. NCT Dream disini mewakili para generasi milenial dan mengindekskan sebagai generasi hebat seperti apa yang dimaksud dalam iklan Lemonilo.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Annisa Dewi Suprayogi
Date Deposited: 16 Dec 2022 02:25
Last Modified: 16 Dec 2022 02:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7166

Actions (login required)

View Item View Item