Tingkat Kemampuan Literasi Matematis Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif

Sari, Pamiati Oktavia (2022) Tingkat Kemampuan Literasi Matematis Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932308118_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932308118_bab1.pdf

Download (341kB)
[img] Text
932308118_bab2.pdf

Download (296kB)
[img] Text
932308118_bab3.pdf

Download (401kB)
[img] Text
932308118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932308118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
932308118_bab6.pdf

Download (162kB)
[img] Text
932308118_daftarpustaka.pdf

Download (391kB)
[img] Text
932308118_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
932308118_suratpernyataan.pdf

Download (214kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa berdasarkan gaya kognitif reflektif dan impulsif. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Ngasem pada kelas XI-2 DPIB (Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan). Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik tes dan wawancara. Tes dibedakan menjadi 2 yaitu tes MFFT (Matching Familiar Figures Test) untuk memperoleh data gaya kognitif siswa dan tes kemampuan literasi matematis siswa untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi matematis siswa. Setelah dilakukan tes, selanjutnya subjek penelitian akan diwawancara untuk mengetahui proses literasi matematis siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa subjek reflektif mampu berada berada pada tingkat kemampuan literasi matematis level 3 untuk S1 dan level 4 untuk S2. Siswa reflektif berada pada tingkatan skala sedang. Sedangkan subjek impulsif mampu mencapai indikator kemampuan literasi matematis pada level 1, level 4 untuk S3 dan Level 1, level 3 dan level 4 untuk S4. Siswa impulsif berada pada tingkatan skala sedang. Berdasarkan penelitian ini, disarankan kepada guru untuk lebih memahami tipe gaya kognitif siswa agar dapat menggunakan model pembelajaran yang tepat dan untuk peneliti selanjutnya dapat meneliti lebih lanjut dengan menggunakan konten dan konteks literasi matematis yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0104 Statistics > 010406 Stochastic Analysis and Modelling (Analisis dan Pemodelan Stochastic)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Pamiati Oktavia Sari
Date Deposited: 13 Dec 2022 03:52
Last Modified: 13 Dec 2022 03:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7129

Actions (login required)

View Item View Item