Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Motif Batik Jonegoroan Pada Materi Transformasi Geometri

Rohmatin, Ulfa (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Motif Batik Jonegoroan Pada Materi Transformasi Geometri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932302618_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932302618_bab1.pdf

Download (650kB)
[img] Text
932302618_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932302618_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
932302618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932302618_bab5.pdf

Download (195kB)
[img] Text
932302618_daftarpustaka.pdf

Download (419kB)

Abstract

Lembar kerja peserta didik merupakan lembar kegiatan yang digunakan untuk proses mengajar guru. LKPD yang dikembangkan berisi materi yang dihubungkan dengan unsur etnomatematika. Etnomatematika merupakan aktivitas matematika yang menghubungkan matematika dengan budaya masyarakat tertentu khususnya dalam penelitian ini berupa motif batik Jonegoroan. Batik jonegoro merupakan bentuk dari kreasi masyarakat Bojonegoro sebagai perananan terhadap kebudayaan batik nasional yang awalnya di-launching dengan 9 motif pada tahun 2009 oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro diantara motifnya adalah Jagung Miji Emas, Parang Lembu Sekar Rinambat, Mliwis Mukti, Rancak Thengul, Gatra Rinonce, Sekar Jati, Sata Ganda Wangi, Parang Dahana Munggal dan Pari Sumilak. Motif batik ini bisa dihubungkan dengan materi matematika khususnya materi transformasi geometri yang memiliki beberapa poin pembahasan, diantaranya translasi, refleksi, rotasi, dan dilatasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi transformasi geometri. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan dari pengembangan ini yakni meliputi analisis, perancangan, pengembangan, implementasi serta evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MA Al-Abror kelas XI sebanyak 27 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli soal tes pemahaman matematis siswa, ahli angket respon, dan angket respon.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Ulfa Rohmatin
Date Deposited: 20 Dec 2022 02:57
Last Modified: 20 Dec 2022 02:57
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7095

Actions (login required)

View Item View Item