Amalia, Melfin Nabila (2022) Implementasi Metode Diskusi Mapel PAI Dalam Meningkatkan Keaktifa Siswa Kelas X Di SMK PGRI 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932127718_prabab.pdf Download (403kB) |
|
Text
932127718_bab1.pdf Download (358kB) |
|
Text
932127718_bab2.pdf Download (462kB) |
|
Text
932127718_bab3.pdf Download (340kB) |
|
Text
932127718_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
|
Text
932127718_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
|
Text
932127718_bab6.pdf Download (189kB) |
|
Text
9321277_daftarpustaka.pdf Download (402kB) |
|
Text
932127718_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) |
|
Text
932127718_suratpernyataan.pdf Download (109kB) |
Abstract
AMALIA, MELFIN NABILA. 2022. Implementasi Metode Diskusi Mapel PAI Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas X di SMK PGRI 1 Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Intitut Agama Islam Negeri Kediri. Dr. Untung Khoiruddin, M.Pd.I dan Nurul Ahsin, M.Pd.I Kata kunci : Diskusi, aktif, PAI. Diskusi adalah salah satu metode pembelajaran yang paling berharga. Mereka mengatakan, “Dua kepala lebih baik daripada satu kepala,” dan jika dua kepala digabungkan untuk memecahkan suatu masalah, hasil yang mengagumkanlah yang akan didapat. Guru harus memiliki metode yang tepat untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Adapun fokus penelitian yang dibahas adalah: (1) Bagaimanakah penerapan metode diskusi mapel PAI dalam meningkatkan keaktifan siswa kelas X di SMK PGRI 1 Kediri? (2) Apa saja kendala penerapan metode diskusi mapel PAI dalam meningkatkan keaktifan siswa kelas X di SMK PGRI 1 Kediri? (3) Apa solusi penerapan metode diskusi mapel PAI dalam meningkatkan keaktifan siswa kelas X di SMK PGRI 1 Kediri? Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah berasal dari guru mata pelajaran PAI, siswa, dan waka kurikulum. Untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, 1) siswa lebih aktif, siswa lebih termotivasi, siswa menjadi antusias belajar, lebih mandiri dalam menyelesaikan masalah 2) kendala yang di temukan diantaranya; kondisi fisik guru, media yang baru di kenal kurang berfungsi dengan baik, siswa kurang memahami materi, ketertiban dan kedisiplinan siswa yang kurang baik 3) solusi yang diberikan oleh guru antara lain; guru memberikan tugas, guru memberikan selingan game atau ice breaking, menggunakan media tidak tentu sebagai solusi alternatif, guru memberikan sanksi atau teguran
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Melfin Nabila Amalia |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 02:56 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 04:19 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7083 |
Actions (login required)
View Item |