Pengembangan Modul Dengan Model Problem Based Learning Berbasis Media Manipulatif Origami Curain Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Transformasi Geometri Pada Siswa Kelas Ix MTS Al-Huda Ngetos Tahun 2020/2021

Hasanah, Lailatul Alfi and UNSPECIFIED and UNSPECIFIED and UNSPECIFIED (2022) Pengembangan Modul Dengan Model Problem Based Learning Berbasis Media Manipulatif Origami Curain Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Transformasi Geometri Pada Siswa Kelas Ix MTS Al-Huda Ngetos Tahun 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932310818_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932310818_bab1.pdf

Download (140kB)
[img] Text
932310818_bab2.pdf

Download (225kB)
[img] Text
932310818_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
932310818_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932310818_bab5.pdf

Download (43kB)
[img] Text
932310818_daftarpustaka.pdf

Download (161kB)

Abstract

LAILATUL ALFI HASANAH, Dosen pembimbing NUR FADILATUL ILMIAH, M.Si dan EKA SULISTIYAWATI, M.Pd, Pengembangan Modul dengan Problem Based Learning Berbasis Media Manipulatif Origami Curain untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Transformasi Geometri Pada Siswa Kelas IX MTs Al-Huda Tahun Ajaran 2021/2022. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Media Manipulatif Origami, Modul, Pemahaman Konsep, Problem Based Learning, Transformasi Geometri. Pada sekolah MTs Al-Huda belum adanya pengembangan media pembelajaran berupa modul dengan model problem based learning berbasis media manipulatife origami,.selain pembelajaran matematika yang tergolong rendah yaitu pada materi transformasi geometri. Penggunaan model problem based learning dan origami mampu menjadikan siswa dalam proses pembelajaran lebih aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran modul matematika dengan model problem based learning berbasis origami untuk memfasilitasi pemahaman konsep pada materi transformasi geometri. Penelitian ini menghasilkan : (1) kevalidan modul dengan model problem based learning berbasis origami curain untuk memfasilitasi pemahaman konsep transformasi geometri (2) kepraktisan modul dengan model problem based learning berbasis origami curain untuk memfasilitasi pemahaman konsep transformasi geometri (3) keefektifan modul dengan problem based learning berbasis origami curain untuk memfasilitasi pemahaman konsep transformasi geometri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan Research and Development (R&D) dengan penelitian yang fokus pada rancangan dan evaluasi produk tertentu yang menggunakan mode ADDIE. Prosedur pengembangan meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MTs Al-Huda kelas IX sebanyak 35 siswa dengan 5 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 30 siswa untuk uji coba kelompok besar. Teknik instrument pengumpulan data yang digunakan berupa angket validasi, angket ahli pembelajaran, angket respon siswa dan tes tertulis. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis data hasil validasi, analisis data ahli pembelajaran dan analisis data respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitaif. Data dari teknik deskriptif kualitatif yaitu saran dan masukan yang diberikan validator dan Teknik deskriptif kuantitaif adalah hasil persentase yang diberikan validator dalm penilaian produk yang akan dikembangkan. Adapun hasil yang diperoleh ahli materi dengan skor 73% berkategori layak, ahli media dengan skor persentase 91% dengan kategori sangat layak, ahli pembelajaran dengan skor persentase 80% kategori layak dan angket respon siswa dalam uji coba kelompok kecil 93% dengan kategori sangat baik dan 85% dengan kategori sangat baik untuk uji coba kelompok besar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Lailatul Alfi Hasanah
Date Deposited: 02 Dec 2022 07:07
Last Modified: 02 Dec 2022 07:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7031

Actions (login required)

View Item View Item