Penerapan Metode Pembelajaran Kitab Faṣalatan Pada Santri Putri Usia Pra Akil Baligdi Pondok Pesantren Assyafi’iyyah Kalirong Kec. Tarokan Kab. Kediri

Awaliana, Rahmawati (2022) Penerapan Metode Pembelajaran Kitab Faṣalatan Pada Santri Putri Usia Pra Akil Baligdi Pondok Pesantren Assyafi’iyyah Kalirong Kec. Tarokan Kab. Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104118_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932104118_bab1.pdf

Download (681kB)
[img] Text
932104118_bab2.pdf

Download (499kB)
[img] Text
932104118_bab3.pdf

Download (442kB)
[img] Text
932104118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img] Text
932104118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
932104118_bab6.pdf

Download (374kB)
[img] Text
932104118_daftarpustaka.pdf

Download (394kB)
[img] Text
932104118_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932104118_suratpernyataan.pdf

Download (200kB)

Abstract

ABSTRAK Rahmawati, Awaliana,. Dosen Pembimbing Dr. Kadi, M.Pd.I, dan Masrul Isroni Nurwahyudi, M.A, Penerapan Metode Pembelajaran Kitab Faṣalatan Pada Santri Putri Usia Pra Akil Balig di Pondok pesantren Assyafi’iyyah Kalirong kec. Tarokan kab. Kediri. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Kitab faṣalatan, Santri Putri Usia Pra Akil Balig Metode pembelajaran merupakan salah satu unsur dalam proses pembelajaran, metode pembelajaran adalah cara yang digunakan oleh seorang guru dalam menyampaikan pembelajaran pada peserta didik sesuai dengan rancangan atau tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang tepat dalam pembelajaran kitab faṣalatan pada santri usia pra akil balig, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode pembelajaran kitab faṣalatan, dan hasil penerapan metode pembelajaran kitab faṣalatan pada santri putri usia pra akil balig di Pondok pesantren Assyafi’iyyah Kalirong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, untuk menguraikan fakta atau kejadian secara sistematis dan akurat dengan sifat populasi pada suatu daerah tertentu. Subjek pada penelitian ini yaitu kepala pondok putri, ustażah dan santri putri usia pra akil balig kelas TK A, TK B, 1 Ibtida’, 2 Ibtida’ pondok pesantren Assyafi’iyyah Kalirong kec. Tarokan kab. Kediri. Pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis data melalui reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, kemudian dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dari pengasuh pondok pesantren Assyafi’iyyah Kalirong. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Metode Pembelajaran yang tepat diterapkan pada santri putri usia pra akil balig di Pondok pesantren Assyafi’iyyah Kalirong yaitu metode hafalan, metode ceramah, metode menulis, dan metode praktik. 2) Faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran kitab faṣalatan pada santri usia pra akil balig. Faktor pendukung yaitu memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia di pondok, penerapan metode pembelajaran yang bervariasi, kerjasama antara ustażah dan wali santri dengan cara memantau santri ketika melaksanakan ibadah di pondok dan di rumah dalam kehidupan sehari-hari. Faktor penghambat penerapan metode pembelajaran kitab faṣalatan pada santri putri usia pra akil balig, usia santri putri dan jenjang pendidikan umum yang berbeda, penerapan metode yang monoton, tidak adanya guru badal dalam kelas, belum semua santri mmapu untuk membaca huruf arab gandeng. 3) Hasil penerapan metode pembelajaran kitab faṣalatan pada santri putri usia pra akil stelah diterapkan metode hafalan, santri yang semula mengalami kesulitan dalam menghafal, santri dapat menghafal bacaan niat wuḍu, doa’a setelah wuḍu, menjawab ażan, melaksanakan iqamah ketika ṣalat berjama’ah, niat ṣalat farḍu, ṣalat sunnah, dan żikir setelah ṣalat. Metode ceramah, santri putri usia pra akil balig di pondok pesantren Assyafi’iyyah dapat melaksanakan materi yang telah disampaikan oleh ustażah seperti melafalkan bacaan niat wuḍu dalam hati atau tidak bersuara, adab do’a setelah wuḍu yaitu menghadap kiblat dan menghadap ke langit, diam ketika mendengarkan ażan kemudian menjawab ażan. Metode menulis, santri yang semula mengalami kesulitan dalam menulis huruf arab gandeng, dengan menirukan tulisan yang telah tersedia pada kitab faṣalatan santri dapat menulis bacaan niat, wajib, sunnah wuḍu, doa’a setelah wuḍu, menulis jawaban ażan, bacaan yang ada pada farḍu, ṣalat sunnah. Metode praktik, santri putri usia pra akil balig di pondok pesantren Assyafi’iyyah dapat mempraktikkan gerakan dan urutan wuḍu, do’a setelah wuḍu, menjawab ażan, mempraktikkan gerakan ṣalat, dapat dilihat ketika menjelang dan saat ṣalat berjama’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education (Pendidikan usia dini)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Awaliana Rahmawati
Date Deposited: 01 Dec 2022 09:01
Last Modified: 01 Dec 2022 09:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7023

Actions (login required)

View Item View Item