Choirunnisa, Malika Shanaubari (2022) Strategi Guru Dalam Mengatasi Rasa Jenuh Siswa Kelas IV Bilingual Pada Kegiatan Full Day School Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Azhar Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932606918_prabab.pdf Download (478kB) |
|
Text
932606918_bab1.pdf Download (290kB) |
|
Text
932606918_bab2.pdf Download (297kB) |
|
Text
932606918_bab3.pdf Download (233kB) |
|
Text
932606918_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
|
Text
932606918_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
|
Text
932606918_bab6.pdf Download (71kB) |
|
Text
932606918_daftar_pustaka.pdf Download (378kB) |
Abstract
ABSTRAK CHOIRUNNISA, MALIKA SHANAUBARI. Dosen Pembimbing Dr. Hj. Mu’awanah, M.Pd dan Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I. Strategi Guru dalam Mengatasi Rasa Jenuh Siswa Kelas IV Bilingual pada Kegiatan Full Day School di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Azhar Kota Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibridaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri. 2022. Kata Kunci: Strategi Guru, Kejenuhan Siswa, Full Day School Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena siswa yang mengalami kejenuhan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Hal ini berdampak pada proses kegiatan pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran tidak bisa tercapai dengan maksimal. Oleh karena itu, diperlukan strategi guru dalam mengatasi rasa jenuh siswa, sehingga kejenuhan yang dialami siswa bisa diatasi dengan baik oleh guru. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) apa saja faktor penyebab rasa jenuh siswa kelas IV bilingual pada kegiatan full day school di SDIT Al-Azhar Kota Kediri? dan (2) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi rasa jenuh siswa kelas IV Bilingual pada kegiatan full day school di SDIT Al-Azhar Kota Kediri? Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian menyebutkan bahwa: (1) faktor-faktor penyebab rasa jenuh siswa kelas IV bilingual pada kegiatan full day school di SDIT Al-Azhar Kota Kediri diantaranya adalah: cara mengajar guru yang tidak bervariasi, suasana pembelajaran yang tidak berubah-ubah, kurangnya aktivitas rekreasi dan hiburan, adanya ketegangan mental yang berlarut-larut yaitu terletak pada materi pelajaran yang kurang menarik, perilaku dan sikap guru yang kurang bersahabat dan berkompeten, dan (2) strategi guru dalam mengatasi rasa jenuh siswa kelas IV bilingual pada kegiatan full day school di SDIT AlAzhar Kota Kediri adalah: Bersikap humoris dan bersahabat, menarik perhatian siswa dengan penerapan ice breaking, outing class, memberikan stimulus berupa pertanyaan, menjalin hubungan yang harmonis dengan melakukan kerjasama dengan teman sejawat dan orangtua siswa, guru bersemangat dalam mengajar, dan merubah posisi tempat duduk siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Malika Shanaubari choirunnisa |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 07:04 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 07:04 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7019 |
Actions (login required)
View Item |