Analisis Peran Perpustakaan Sekolah dalam Menunjang Gerakan Literasi Sekolah di SDIT Al-Azhar Kota Kediri

Nikmah, Fitri Khoirun (2022) Analisis Peran Perpustakaan Sekolah dalam Menunjang Gerakan Literasi Sekolah di SDIT Al-Azhar Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932604618_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932604618_bab1.pdf

Download (459kB)
[img] Text
932604618_bab2.pdf

Download (374kB)
[img] Text
932604618_bab3.pdf

Download (350kB)
[img] Text
932604618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932604618_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
932604618_bab6.pdf

Download (287kB)
[img] Text
932604618_daftarpustaka.pdf

Download (589kB)

Abstract

ABSTRAK Fitri Khoirun Nikmah, Dosen Pembimbing Dr. Fartika Ifriqia, M. Pd dan Ratna Wahyu Wulandari, M. Pd: Analisis Peran Perpustakaan Sekolah dalam Menunjang Gerakan Literasi Sekolah di SDIT Al-Azhar Kota Kediri Kata Kunci: Peran, Perpustakaan, Gerakan Literasi Sekolah Membaca merupakan salah satu cara untuk mendapatkan informasi dan memperluas wawasan yang dapat dilakukan oleh siapapun baik orang dewasa maupun anak-anak. Dengan membaca, berbagai hal dapat dipelajari dimanapun dan kapanpun. Oleh sebab itu, anak-anak harus dibiasakan untuk suka membaca buku, sehingga kedepannya anak-anak dapat memperluas wawasan yang mereka miliki dengan membaca buku dari berbagai sumber. Namun sayangnya masyarakat Indonesia memiliki minat baca yang cukup rendah. Permasalahan tersebut juga terjadi di SDIT Al-Azhar Kota Kediri, dimana peserta didik memiliki minat baca yang kurang tinggi, sehingga pengetahuan yang mereka miliki hanya bersumber dari apa yang disampaikan oleh pendidik saja. Dengan demikian, untuk mengatasi rendahnya minat baca peserta didik di SDIT Al-Azhar Kota Kediri ini, maka dilaksanakanlah beberapa kegiatan literasi untuk membudayakan kegiatan literasi dan meningkatkan minat baca peserta didik. Sehingga penelitian ini berfokus pada: 1) Apa saja program literasi yang dilaksanakan di SDIT Al-Azhar Kota Kediri dalam menunjang Gerakan Literasi Sekolah?, 2) Bagaimana implementasi program literasi yang dilaksanakan di SDIT Al-Azhar Kota Kediri dalam menunjang Gerakan Literasi Sekolah? dan 3) Bagaimana dampak program literasi yang dilaksanakan di SDIT Al-Azhar Kota Kediri dalam menunjang Gerakan Literasi Sekolah?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan berupa triangulasi sumber. Dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa 1) Terdapat beberapa kegiatan literasi yang diprogramkan untuk peserta didik maupun pendidik yang ada di SDIT Al-Azhar Kota Kediri, program tersebut diantaranya adalah adanya pojok baca, lomba literasi dan program menceritakan kembali isi buku. 2) Dalam pengimplementasian masing-masing kegiatan literasi yang diprogramkan tidak terlepas dari peran Tim Perpustakaan Sekolah yang bertanggung jawab dalam pengelolaan Perpustakaan Sekolah dan mengatur serta mengontrol pelaksanaan kegiatan literasi. Masing-masing kegiatan literasi yang ada dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan literasi yang telah diatur oleh Tim perpustakaan Sekolah sehingga kegiatan literasi dapat berjalan dengan baik dan lancar. 3) Dengan adanya kegiatan literasi yang telah terlaksana di SDIT Al-Azhar Kota Kediri mendapatkan respon positif dari peserta didik dan juga memberikan dampak positif terhadap minat baca peserta didik dan meningkatkan antusias peserta didik untuk mengunjungi perpustakaan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitri Khoirun Nikmah
Date Deposited: 01 Dec 2022 07:02
Last Modified: 01 Dec 2022 07:02
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7018

Actions (login required)

View Item View Item