Ula, Mangzilatul (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Tematik Kelas IV MI Darul Muta’allimin Cepoko Berbek Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932605618_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932605618_bab1.pdf Download (100kB) |
|
Text
932605618_bab2.pdf Download (258kB) |
|
Text
932605618_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
Text
932605618_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
|
Text
932605618_bab5.pdf Download (70kB) |
|
Text
932605618_daftar_pustaka.pdf Download (874kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil pra penelitian yang telah dilakukan di MI Darul Muta’allimin Cepoko Berbek Nganjuk memiliki sarana dan pra sarana yang lengkap seperti proyektor, Lcd dan Laptop sebagai media pembelajaran akan tetapi kurang digunakan semestinya. Hasil wawancara dengan pendidik menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran masih dilakukan menggunakan media cetak seperti Lembar Kerja Siswa (LKS) dan gambar. Hal ini dikarenakan pendidik tidak memiliki cukup kemampuan dalam membuat media pembelajaran yang lebih inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Langkah-langkah pengembangan media berbasis videoscribe, mengetahui kelayakan media serta mengetahui efektivitas media berbasis videoscribe untuk meningkatkan hasil belajar kognitif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) model William W. Lee dan Diana L. Owens. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli media, ahli materi, dan lembar tes siswa. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian skala likert untuk menentukan kualitas produk. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis videocribe dengan melalui Langkah pengembangan media yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Kriteria yang didapat dari ahli materi adalah layak dengan persentase sebesar 80%, dan pada ahli media mendapatkan persentase 87.5%, dengan kriteria layak. Evektifitas media dilihat dari kenaikan hasil belajar kognitif dimulai dari indikator C1 (Mengingat) Mendapatkan persentase sebesar 60% menjadi 75%, pada indikator kedua yaitu C2 (memahami) Mendapatkan persentase sebesar 70% menjadi 80%, kemudian pada indikator ketiga C3 (Mengaplikasi) dengan persentase sebesar 85% naik menjadi 88%. Dan pada indikator C4 (Menganalisis) dengan persentase sebesar 35% menjadi 60%. Maka terlihat jelas bahwasannya mengalami peningkatan yang sangat signifikan sehingga media videoscribe dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mangzilatul Ula |
Date Deposited: | 25 Nov 2022 03:20 |
Last Modified: | 25 Nov 2022 03:20 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6957 |
Actions (login required)
View Item |