Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Prestasi Belajar (Studi Pada Santri Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri)

Muna, Khofifah Khoirul (2022) Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Prestasi Belajar (Studi Pada Santri Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931331418_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
931331418_bab1.pdf

Download (717kB)
[img] Text
931331418_bab2.pdf

Download (617kB)
[img] Text
931331418_bab3.pdf

Download (768kB)
[img] Text
931331418_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB)
[img] Text
931331418_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text
931331418_bab6.pdf

Download (492kB)
[img] Text
931331418_daftarpustaka.pdf

Download (393kB)

Abstract

KHOFIFAH KHOIRUL MUNA. NIM 931331418. Dosen Pembimbing I Dr. Andriani, SE, MM. Dosen Pembimbing II Sidanatul Janah, MH.: “Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Prestasi Belajar (Studi Pada Santri Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri)”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Manajemen Waktu, Prestasi Belajar, Santri Manajemen waktu dapat diartikan sebagai suatu jenis keterampilan yang berkaitan dengan segala bentuk upaya dan tindakan seorang individu yang dilakukan terencana agar individu tersebut dapat memanfaatkan waktunya dengan sebaik-baiknya. Peran manajemen waktu sangat diperlukan bagi mahasiswa dalam melaksanakan tugas-tugas akademiknya. Tugas-tugas itu dapat terselesaikan dengan baik apabila mahasiswa mampu memanajemen waktu. Ketidakmampuan dalam memanajemen waktu mengakibatkan mahasiswa cenderung menunda-nunda mengerjakan tugas-tugas akademik mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen waktu dan prestasi belajar santri pada Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri, serta untuk mengetahui pengaruh manajemen waktu terhadap prestasi belajar santri Pesantren Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri. Yang mana di Pesantren Pelajar Al-Fath banyak santri yang kuliah, mondok, sambil bekerja dan juga aktif organisasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengisian kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh santri Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri yang bekerja, yaitu sebanyak 108. Teknik pengambilan sampel menggunakan pendapat Suharsimi Arikunto dan diperoleh jumlah sampelnya 73 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen waktu (X) santri Pesantren Pelajar Al-Fath tergolong dalam kategori baik dengan F Relatif kumulatif sebesar 93,15% dan prestasi belajar santri Pesantren Pelajar Al-Fath juga tergolong dalam kategori baik dengan sebanyak 90,41% memiliki nilai IPK dengan predikat “dengan pujian”. Hasil uji T mendapatkan nilai 9,267 > 1,667 dan nilai tingkat signifikansi sebesar 0,000. Nilai tingkat signifikansi ini lebih kecil dari 0,05, maka berarti Ha diterima. Artinya manajemen waktu dapat mempengaruhi prestasi belajar santri Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri. Selanjutnya, berdasarkan uji koefisien determinasi mendapatkan hasil R squre sebesar 54,7%. Hasil ini menunjukkan bahwa variabel bebas (manajemen waktu) memiliki pengaruh terhadap variabel terikat (prestasi belajar) sebesar 54,7%. Sedangkan sisanya 45,3% dipengaruhi oleh faktor internal lain yang tidak dimasukkan pada penelitian ini, seperti kesehatan, cacat tubuh, intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan, dan kelelahan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Khofifah Khoirul Muna
Date Deposited: 24 Nov 2022 01:45
Last Modified: 24 Nov 2022 01:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6949

Actions (login required)

View Item View Item