Shofiyah, Ainin (2022) Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas II MI Muhammadiyah I Godog Laren Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932601418_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932601418_bab1.pdf Download (687kB) |
|
Text
932601418_bab2.pdf Download (551kB) |
|
Text
932601418_bab3.pdf Download (244kB) |
|
Text
932601418_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
|
Text
932601418_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
|
Text
932601418_bab6.pdf Download (214kB) |
|
Text
932601418_daftarpustaka.pdf Download (441kB) |
|
Text
932601418_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932601418_daftarpustaka.pdf Download (441kB) |
Abstract
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Motivasi Belajar Penelitian ini membahas tentang peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas II MI Muhammadiyah 1 Godog. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya peran penting orang tua sebagai pendidik maupun sebagai motivator bagi peserta didik. Dimana tanpa disadari pentingnya motivasi belajar bagi peserta didik, kurangnya motivasi anak untuk belajar akan mempengaruhi hasil belajarnya karena dari kurangnya motivasi orang tua menyebabkan anak cenderung malas untuk belajar dan jika anak mendapatkan motivasi dukungan penuh dalam belajar maka anak akan lebih semangat sehingga tujuan belajar dapat tercapai serta anak lebih fokus dalam belajar. Selain orang tua sebagai motivator orang tua juga memiliki kewajiban sebagai pendidik, karena orang tua yang menjadi madrasah utama bagi anaknya dimana orang tua memiliki kewajiban untuk selalu memberikan perhatian, pendampingan, mengenali kesulitan yang dialami anak. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian disini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Peran orang tua sebagai pendidik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik amat sangat penting dan dibutuhkan bagi peserta didik. Karena tanpa disadari perhatian, nasehat, semangat serta motivasi dan fasilitas belajar itu sangat berpengaruh terhadap proses belajar bahkan keberhasilan belajar peserta didik. Peserta didik merasa mendapatkan perhatian dan motivasi penuh dari orang anak akan lebih semangat dalam belajar. 2) peran orang tua sebagai motivator untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dengan memberikan perhatian dengan selalu mendampinginya saat belajar, hadiah/pujian ketika anak mendapatkan nilai yang bagus/prestasi akan tetapi tetap dengan mendorong dan memberikan wejangan motivasi supaya lebih semangat dalam belajar, hukuman sebagai pengingat bagi anak jika melanggar yang seharusnya tidak boleh dilakukan orang tua memberikan hukuman seperti menegurnya dan tetap diingatkan meskipun dengan nada lantang tetapi tetap didekati perlahan diberikan motivasi kembali supaya lebihdisiplin.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ainin Shofiyah |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 07:37 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 07:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6937 |
Actions (login required)
View Item |