Pengembangan Media Corong Berhitung Pada Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Hamidah, Siti Nur (2022) Pengembangan Media Corong Berhitung Pada Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932602618_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932602618_bab1.pdf

Download (554kB)
[img] Text
932602618_bab2.pdf

Download (469kB)
[img] Text
932602618_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text
932602618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932602618_bab5.pdf

Download (209kB)
[img] Text
932602618_daftarpustaka.pdf

Download (422kB)
[img] Text
932602618_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan Media, Perkalian dan Pembagian, Hasil Pengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan desain dan menguji kelayakan media pembelajaran Corong Berhitung pada mata pelajaran Matematika dengan materi operasi hitung perkalian dan pembagian di kelas II MI Miftahul Huda Kedungombo Nganjuk. Penelitian ini melibatkan 3 peserta didik kelas II di SDN Kedungombo III sebagai uji coba produk kelompok kecil dan 21 peserta didik kelas II di MI Miftahul Huda Kedungombo Nganjuk sebagai uji coba produk kelompok besar. Jenis penelitian dan pengembangan pada penelitian ini adalah menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design¸ Develop, Implement, and Evaluate). Instrumen dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, angket penilaian ahli materi dan media, serta angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) hasil validasi ahli media pembelajaran sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata skor 93%, sedangkan hasil validasi dari 2 ahli materi menunjukkan bahwa media pembelajaran layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata skor 83% dan 97%. (2) hasil uji coba lapangan awal atau pada kelompok kecil menunjukkan bahwa media pembelajaran layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata skor 94%, sedangkan hasil uji coba lapangan pada kelompok besar menunjukkan bahwa media pembelajaran sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata skor 96%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Nur Hamidah
Date Deposited: 23 Nov 2022 07:48
Last Modified: 23 Nov 2022 07:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6936

Actions (login required)

View Item View Item