Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Etnomatematika Pada Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Modo

Ummah, Shinta Rohmatul (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Etnomatematika Pada Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Modo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932301518_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932301518_bab1.pdf

Download (332kB)
[img] Text
932301518_bab2.pdf

Download (674kB)
[img] Text
932301518_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text
932301518_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932301518_bab5.pdf

Download (441kB)
[img] Text
932301518_daftar_pustaka.pdf

Download (402kB)
[img] Text
932301518_suratpernyataan.pdf

Download (392kB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu cara untuk mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi sebagian besar pendidik dalam proses pembelajaran, dimana media yang digunakan diharapkan dapat membantu merangsang pikiran, kemampuan, dan perhatian peserta didik dalam proses belajar mengajar. Penggunaan LKPD dengan discovery learning berbasis etnomatematika dapat mengajak peserta didik dalam mengenal budaya sekaligus belajar matematika untuk melatih peserta didik dalam menemukan ide-ide baru dari apa yang mereka pelajari dengan pendekatan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan media yang dikembangkan, untuk mengetahui kepraktisan media yang dikembangkan, dan untuk mengetahui keefektifan media yang dikembangkan berdasarkan hasil tes belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE adalah yang meliputi 5 tahap pokok yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang dipergunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi ahli, angket praktisi, angket respon peserta didik, dan soal pemahaman konsep untuk peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan pada validasi media diperoleh skor 448 yang berarti produk sangat valid tanpa revisi. Pada validasi materi diperoleh skor 270 yang berarti produk sangat valid. Pada validasi bahasa diperoleh skor 155 yang berarti produk sangat valid. Dari aspek kepraktisan media dikategorikan praktis dengan skor 84 menurut angket respon pendidik dan dikategorikan sangat praktis dengan skor 2833 menurut angket respon peserta didik. Sedangkan dari aspek keefektifan berdasarkan hasil posttest, media dikatakan efektif karena 97,43% dari seluruh subjek uji mendapatkan nilai di atas KKM, sehingga media termasuk dalam kategori sangat efektif untuk memfasilitasi pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Shinta Rohmatul Ummah
Date Deposited: 23 Nov 2022 07:51
Last Modified: 23 Nov 2022 07:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6930

Actions (login required)

View Item View Item