Fadlillah, Rizal Asy'ari (2022) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Dan Semangat Belajar Al-Qur'an Siswa Melalui Tahfidz Al-Qur'an Di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi'in Pagung Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932135615_bab1.pdf Download (530kB) |
|
Text
932135615_prabab.pdf Download (877kB) |
|
Text
932135615_bab2.pdf Download (517kB) |
|
Text
932135615_bab3.pdf Download (478kB) |
|
Text
932135615_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
|
Text
932135615_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) |
|
Text
932135615_bab6.pdf Download (138kB) |
|
Text
932135615_daftarpustaka.pdf Download (765kB) |
|
Text
932135615_suratpernyataan.pdf Download (330kB) |
Abstract
Abstrak RIZAL ASY’ARI FADLILLAH, Dosen Pembimbing Dr. Iskandar Tsani, M.Ag, dan Novi Rosita Rahmawati M.Pd. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Dan Semangat Belajar Siswa Melalui Tahfidz Al-Qur’an Di Madrasah Ibtida’iyah Hidayatul Mubtadi’in Pagung Kabupaten Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, Institut Agama Islam (IAIN) Kediri, 2022 Kata Kunci : Upaya Guru, Minat dan Semangat Belajar, Tahfidz Al-Qur’an, Selain menunjang kelancaran proses belajar mengajar, media pembelajaran melalui tahfidz Al-Qur’an diharapkan dapat meningkatkan minat belajar. Penelitian ini dimaksud untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui tahfidz Al-Qur’an. Pendidikan merupakan proses perubahan sikap, perilaku, dan nalar seseorang dalam mendewasakan diri melalui upaya dan pengajaran. Melalui proses pendidikan manusia dapat tumbuh dan berkembang secara wajar dan sempurna, sehingga ia dapat melaksanakan tugas sebagai manusia serta memelihara sekelilingnya secara baik dan bermanfaat diera globalisasi yang semakin canggih. Dengan perkembangan zaman pada saat ini banyak siswa yang bermalas-malasan belajar, menjadikan ini sebagai rumusan masalah, yaitu: 1) Upaya guru dalam meningkatkan minat dan semangat belajar siswa melalui tahfidz Al-Qur’an. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam upaya meningkatkan minat dan semangat belajar siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Upaya guru dalam meningkatkan minat dan semangat belajar siswa melalui tahfidz Al-Qur’an, dengan cara: pembiasaan hafalan, pemberian nasehat dan motivasi, membangun kerjasama antara orang tua dan sekolah, memberikan pelajaran dengan cara menyenangkan. 2). Faktor pendukung yaitu tekad dan semangat guru, sinergi antara kebijakan madrasah dengan yayasan penyelenggara pendidikan. Sedangkan Faktor penghambat lingkungan keluarga, media massa, lingkungan pergaulan, sarana dan prasarana yang kurang memadai.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rizal Asy'ari F |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 07:23 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 07:23 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6912 |
Actions (login required)
View Item |