Muin, Moh. Nasrul (2022) Analisis Isi Buku Teks Fikih Untuk Siswa Dan Guru Dalam Kurikulum 2013 Kelas VII MTs. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932121317_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932121317_bab1.pdf Download (249kB) |
|
Text
932121317_bab2.pdf Download (248kB) |
|
Text
932121317_bab3.pdf Download (246kB) |
|
Text
932121317_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) |
|
Text
932121317_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
|
Text
932121317_bab6.pdf Download (92kB) |
|
Text
932121317_daftar_pustaka.pdf Download (166kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas sajian isi pada buku teks fikih untuk guru dan siswa kurikulum 2013 kelas VII Mts. Buku teks memiliki kedudukan yang sentral dan stategis dalam kegiatan pembelajaran terutama dalam pembelajaran fikih. Oleh karena itu, kelayakan serta kesesuaian buku teks dengan kurikulum sangatlah penting. Akan tetapi, pada kenyataannya masih terdapat beberapa permasalahan terkait aspek isi buku teks termasuk buku teks fikih untuk guru dan siswa kurikulum 2013 kelas VII Mts.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengunakan pendekatan noninteraktif atau juga dapat disebut sebagai penelitian analitis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi isi buku teks fikih untuk guru dan siswa kurikulum 2013 kelas VII Mts. Pada buku guru aspek yang dianalisis yakni; kesesuaian indikator dengan KI dan KD, kesesuaian tujuan pembelajaran dengan indikator, kesesuaian kegiatan pembelajaran dengan sistem pembelajaran kurikulum 2013, kesesuaian penilaian dengan sistem penilaian kurikulum 2013. Pada buku siswa aspek yang dianalisis yakni; kesesuaian materi dengan KI/KD, keakuratan materi, dan materi pendukung pembelajaran.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pada buku teks guru terdapat indikator yang belum memenuhi kebutuhan KD bahkan adanya KD dalam aspek keterampilan belum tercantum indikator yang sesuai. 2) Tujuan pembelajaran sudah sesuai dengan indikator serta secara kaidah kalimatnya telah mengandung komponen yang terdapat pada perumusan indikator namun ada beberapa yang tidak menggunakan kata kerja operasional yang tepat. 3) Kegiatan pembelajaran sudah menerapkan pendekatan saintifik secara penuh. 4) Penilaian sudah sesuai dengan sistem penilaian pada kurikulum 2013 yakni penilaian autentik. 5) Pada buku siswa materi yang tersajikan telah sesuai dengan KI/KD, keakuratan materi telah disajikan secara akurat, dan materi pendukung juga sudah tersajikan dengan baik. Akan tetapi terdapat cacatan penting untuk perbaikan dalam buku tersebut karena masih terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penyajian materinya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moh Nasrul Muin |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 07:44 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 07:44 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6895 |
Actions (login required)
View Item |