Janah, Viara Miftachul (2022) Strategi Promosi Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Qomeshop Store Jl. Balowerti No. 88A Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931305115_prabab.pdf Download (388kB) |
|
Text
931305115_bab1.pdf Download (3MB) |
|
Text
931305115_bab2.pdf Download (3MB) |
|
Text
931305115_bab3.pdf Download (3MB) |
|
Text
931305115_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
931305115_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
931305115_bab6.pdf Download (3MB) |
|
Text
931305115_daftarpustaka.pdf Download (3MB) |
|
Text
931305115_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Persaingan dunia usaha telah berkembang semakin ketat apalagi dalam dunia usaha toko baju. Para pelaku usaha harus pintar dalam memilih strategi pemasaran yang tepat untuk menawarkan produk mereka tanpa harus turun langsung ke lapangan. Di era digital ini para pelaku usaha dimudahkan dengan adanya media sosial instagram yang dapat membantu dalam melakukan strategi pemasaran berupa promosi. Promosi dilakukan agar produk yang ditawarkan dapat dikenal baik oleh pembeli dan bisa membuat perusahaan mencapai tujuannya yaitu meningkatkan omzet pendapatan yang diinginkan. Dalam setiap promosi harus dilandaskan dengan prinsip-prinsip ekonomi islam agar usaha bisa terus berjalan tanpa adanya kendala.Dalam penelitian ini adalah hasil penelitian kualitatif yang menjawab tentang bagaimana strategi promosi media sosial instagram dalam meningkatkan omzet penjualan ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh peneliti berasal dari wawancara, dokumentasi dan observasi yang keabsahannya sudah dicek oleh peneliti. Tahap terakhir yang dilakukan adalah melalkukan paparan data, menganalisis data yang ada, dan megambil sebuah kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa strategi promosi melalui media sosial instagram yang dilakukan oleh Qomeshop yaitu dengan menggunakan fitur-fitur sebagai berikut: (1) phosting foto/video, (2) instastory, (3) video reels, (4) sale (diskon) dan giftaway, (5) sistem endorse influencer, dan (6) repost foto. Dengan menggunakan fitur-fitur tersebut peningkatan omzet penjualan bisa meningkat dari tahun ke tahun, peningkatan ini dapat dilihat dengan adanya penambahan cabang toko Qomeshop yang dilakukan oleh pemilik. Adanya promosi penjualan ini tidak lepas dari penerapan etika-etika ekonomi islam yang diterapkan dalam toko Qomeshop yaitu jujur dan dapat dipercaya karena dalam promosi penjualan ini dilakukan secara online.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Viara Miftachul Janah |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 07:50 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 07:50 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6883 |
Actions (login required)
View Item |