Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis STEM dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Berorientasi Pada Kreativitas Siswa

Lestari, Puput Diah Tri (2021) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis STEM dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Berorientasi Pada Kreativitas Siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932304417_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932304417_bab1.pdf

Download (403kB)
[img] Text
932304417_bab2.pdf

Download (196kB)
[img] Text
932304417_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932304417_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
932304417_bab5.pdf

Download (106kB)
[img] Text
932304417_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

PUPUT DIAH TRI LESTARI, Dosen Pembimbing Eka Sulistyawati, M.Pd dan Dr. Iwan Marwan, M.Hum, Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis STEM dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Berorientasi Pada Kreativitas Siswa, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, IAIN Kediri, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan lembar kerja siswa berbasis STEM dengan pendekatan pemecahan masalah berorientasikan pada kreativitas siswa dari validator, kevalidan diperoleh dari validator, kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa, dan kefektifan diperoleh dari kreativitas siswa terhadap pengembangan lembar kerja siswa dengan pendekatan pemecahan masalah berorientasikan pada kreativitas siswa untuk kelas X SMKN 2 Kediri. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis mengembangkan lembar kerja siswa menggunakan metode penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE yakni dengan langkah-langkah: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik SMKN 2 Kediri dengan instrument pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, ahli praktisi, dan respon siswa. Hasil penelitian ini menghasilkan produk berupa lembar kerja siswa berbasis STEM dengan pendekatan pemecahan masalah berorientasikan pada kreativitas siswa untuk pembelajaran materi barisan dan deret aritmatika kelas X SMKN 2 Kediri menunjukan bahwa aspek kevalidan memperoleh persentase 76,5% berdasarkan ahli materi dan dapat dikategorikan valid dan berdasarkan ahli media memperoleh persentase 70,3% dengan kategori cukup valid. Aspek kepraktisan diperoleh dari ahli praktisi dan memperoleh persentase 90% dengan kategori praktis. Sedangkan aspek keefektifan diperoleh dari kreativitas siswa pada aktivitas 1 memperoleh hasil dari 17 siswa, 15 siswa memperoleh kategori sangat baik dan 2 siswa memperoleh kategori baik dan pada aktivitas 2 memperoleh 16 siswa kategori sangat baik dan 1 siswa mendapat kategori cukup, sedangkan angket respon siswa memperoleh 85,5% dan mendapat kategori efektif. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pengembangan lembar kerja siswa berbasis STEM dengan pendekatan pemecahan masalah berorientasikan pada kreativitas siswa memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dalam memfasilitasi proses pembelajaran siswa. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Barisan dan Deret Aritmatika, Berbasis STEM, Pemecahan Masalah, Kreativitas Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Puput Diah Tri Lestari
Date Deposited: 18 Nov 2022 07:03
Last Modified: 18 Nov 2022 07:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6873

Actions (login required)

View Item View Item