Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Perspektif Syariah Marketing (Studi Kasus di Medyna Hijab Blitar)

Kasanah, Lailatul (2022) Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Perspektif Syariah Marketing (Studi Kasus di Medyna Hijab Blitar). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931334218_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931334218_bab1.pdf

Download (642kB)
[img] Text
931334218_bab2.pdf

Download (654kB)
[img] Text
931334218_bab3.pdf

Download (293kB)
[img] Text
931334218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[img] Text
931334218_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text
931334218_bab6.pdf

Download (264kB)
[img] Text
931334218_daftarpustaka.pdf

Download (368kB)
[img] Text
931334218_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
931334218_suratpernyataan.pdf

Download (283kB)

Abstract

ABSTRAK LAILATUL KASANAH, Dosen Pembimbing Dr. Sulistyowati, S.HI, M.EI dan Sidanatul Janah, S.HI, MH. Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkstkan Penjualan Perspekti Syariah Marketing (Studi Kasus di Medyna Hijab Blitar). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Instagram, Syariah Marketing Seiring dengan adanya perkembangan di dunia bisnis yang semakin pesat, maka semakin ketat dan tidak menentunya persaingan antar perusahaan. Dengan adanya perkembangan teknologi di bidang komunikasi, yaitu Internet telah mengubah cara interaksi komunikasi pemasaran dari konvensional (face to face) menjadi internet marketing (screen to face). Media pemasaran yang sedang populer dan banyak diminati oleh masyarakat akhir-akhir ini karena pertumbuhannya yang cukup pesat serta kemudahan dalam menggunakannya adalah media sosial instagram. Pemasaran adalalh kunci keberhasilan dalam bisnis agar dapat meningkatkan penjualan.berangkat dari hal tersebut, peneliti bermaksud menelaah lebih jauh tentang Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkstkan Penjualan Perspekti Syariah Marketing di Medyna Hijab Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data melalui observasi di lapangan, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Data Primer yaitu hasil dari wawancara dengan pemilik toko, karyawan dan konsumen toko Medyna Hijab, sedangkan data sekunder dari hasil dokumentasi. Peneliti menganalisis data melalui empat tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Strategi pemasaran melalui media social yang dilakukan medyna hijab dalam meningkatkan penjualan yaitu dengan selalu melakukan pengaploudan produk foto ataupun video di akun Instagram medyna hijab, membuat instastory atau postingan game ataupun tebak-tebakan, dalam mengaploud tidak melebih-lebihkan atau menambah sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan. Selain itu medyna selalu membuat konten-konten video yang menarik mulai dari video referensi OOTD, video tiktok, video parodi serta video tentang produk-produk dari medyna hal tersebut agar para followers medyna hijab tidak merasa bosan dan merasa penasaran terhadap produk-produk medyna hijab. Serta Medyna Hijab menggunakan sistem endorsement pada selebgram dan juga selalu memberikan promo-promo dan potongan harga yang menarik pada eventevent tertentu. 2) Strategi pemasaran melalui media social instaram pada medyna hijab dalam meningkatkan penjualan ditinjau dari marketing syariah adalah secara keseluruhan pemasaran yang dilakukan Toko Medyna Hijab sudah sesuai dengan karakteristik syariah marketing yang terdiri dari Teistis (Rabbaniyyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al-Waqi’iyyah), dan Humanistis (Al-Insaniyyah).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Lailatul Kasanah
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:43
Last Modified: 16 Jan 2023 02:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6858

Actions (login required)

View Item View Item