Penerapan praktik Ubudiyah metode setoran dalam meningkatkan pemahaman agama siswa (studi kasus siswa kelas XI MA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik)

Suwari, Dewi Retno (2022) Penerapan praktik Ubudiyah metode setoran dalam meningkatkan pemahaman agama siswa (studi kasus siswa kelas XI MA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932131018_prabab.pdf

Download (820kB)
[img] Text
932131018_BAB1.pdf

Download (193kB)
[img] Text
932131018_BAB2.pdf

Download (236kB)
[img] Text
932131018_BAB3.pdf

Download (186kB)
[img] Text
932131018_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB)
[img] Text
932131018_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
932131018_BAB6.pdf

Download (104kB)
[img] Text
932131018_daftarpustaka.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Dewi retno S.pdf

Download (35kB)

Abstract

DEWI RETNO SUWARI, Dosen pembimbing Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I. dan Drs. Imam Taulabi, M. Pd.I. : Penerapan Praktik Ubudiyah Metode Setoran dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas XI MA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik), Fakultas Tarbiyah, program studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci : Praktik Ubudiyah, Metode Setoran, Pemahaman Agama Harapan utama lembaga yaitu agar lulusan MA Kanjeng Sepuh disamping menguasai ilmu pengetahuan umum juga agar lulusan MA Kanjeng Sepuh menguasai ilmu agama yang cukup yang kemudian akan sangat dibutuhkan setelah ia lulus dan bergaul di masyarakat. Jadi, setelah anak-anak mengikuti praktek ubudiyah ini mereka banyak kefahaman agama, khususnya dalam materi sholat-sholat sunnah. Karna endingnya MA Kanjeng Sepuh menerapkan praktek ubudiyah ini niatnya siswa siswi terutama lulusan sekolah MA kanjeng Sepuh diharapkan setelah lulus bukan hanya menguasai ilmu pegetahuan dan teknologi saja tapi mampu mengamalkan ilmu agama juga. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui praktik ubudiyah metode setoran dalam meningkatkan pemahaman agama siswa yang berlangsung di MA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. (2) Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa-siswi dalam hal agama setelah mengikuti praktik ubudiyah metode setoran. (3) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat praktik ubudiyah metode setoran dalam meningkatkan pemahaman agama siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan untuk pengecekkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan Presisent observation (observasi secara terus-menerus), Triangulasi dan Diskusi sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan praktik ubudiyah ini merupakan inisiatif dari sekolah sendiri sejak awal berdiri. Untuk pelaksanaannya pertama, siswa siswi diberikan buku panduan ubudiyah, kemudian setiap minggu akan ada guru pembimbing yang menerangkan materi ubudiyah tersebut. Lalu diadakan sesi tanya jawab untuk materi yang belum difahami. Untuk batas setoran adalah akhir semester sebelum ujian berlangsung.(2) kemampuan siswa-siswi mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah adanya praktik ubudiyah metode setoran. Sedikit demi sedikit mereka sudah mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Sudah banyak hafal doa-doa dan mereka semakin mendalami tata cara beribadah yang baik dan benar(3) faktor pendukung dari praktek ubudiyah ini yaitu diberikannya buku panduan praktek ubudiyah dan sekarang setiap hari minggu sudah ada guru pembimbing ubudiyah yang menerangkan atau menjelaskan setiap materi yang ada dibuku ubudiyah. Sedangkan faktor penghambat dari praktek ubudiyah metode setoran ini yaitu banyak siswa yang tidak hafal, dan akhirnya menyerah. Kurangnya dorongan dari orang tua juga termasuk penghambat penerapan praktek ubudiyah ini. Karna disini peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membangun semangat siswa untuk mengahafal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dewi Retno Suwari
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:48
Last Modified: 10 Nov 2022 03:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6822

Actions (login required)

View Item View Item