تطوير مادة تعليم قواعد اللغة العربية ب ّ يات القرآن فى الفصل األو بالمدرسة المتوسطة اإلسالمية نهضة العلماء جوهو فاجي عانجوك

Tamim, Achmad Agus Fauzi (2021) تطوير مادة تعليم قواعد اللغة العربية ب ّ يات القرآن فى الفصل األو بالمدرسة المتوسطة اإلسالمية نهضة العلماء جوهو فاجي عانجوك. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92300819030_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92300819030_bab1.pdf

Download (348kB)
[img] Text
92300819030_bab2.pdf

Download (530kB)
[img] Text
92300819030_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
92300819030_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
92300819030_bab5.pdf

Download (253kB)
[img] Text
92300819030_daftar_pustaka.pdf

Download (303kB)
[img] Text
92300819030_suratpernyataan.pdf

Download (317kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan bahan ajar pelajaran Bahasa Arab siswa di MTs, dengan fokus pada Qowaid Bahasa Arab dengan ayat-ayat Al-Qur’an yang menjadi salah satu tolak ukur dalam kegiatan pengembangan bahan ajar. Metode – Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan tiga tahapan di dalamnya, yaitu tahap pendahuluan, pengembangan, dan pengujian. Untuk meningkatkan pemahaman siswa, maka dirancang sebuah bahan ajar Qowaid Bahasa Arab dengan ayat-ayat Al-Qur’an dalam penelitian ini Temuan – Menurut penelitian pendahuluan yang dilakukan di MTs NU Plosoharjo di Pace Nganjuk dengan mata pelajaran Bahasa Arab kelas VII, pembelajaran Bahasa Arab tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk meningkatkan pemahamannya. Untuk itu diperlukan pengembangan perangkat pembelajaran, salah satunya bahan ajar Qowaid dengan ayat-ayat Al-Qur’an untuk membantu pencapaian kompetensi yang diharapkan. Keterbatasan Penelitian – Penelitian ini berfokus pada pemahaman materi Qowaid di MTs, dengan fokus pada keterbatasan pengembangan bahan ajar yang mempengaruhi kemampuan siswa untuk memperoleh kompetensi berupa pemahaman Qowaid. Originalitas/nilai – Penelitian pengembangan Bahan ajar pada mata pelajaran Bahasa Arab, yaitu untuk Masrasah Tsanawiyah, dikaji lebih lanjut dalam penelitian ini. Pengembangan bahan ajar merupakan salah satu hal yang positif didukung dalam pengembangan bahan ajar di sekolah-sekolah Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Achmad Agus Fauzi Tamim
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:35
Last Modified: 04 Nov 2022 07:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6785

Actions (login required)

View Item View Item