Tinjauan Ijarah terhadap Endorsement pada Produk Kosmetik di Media Sosial Instagram (Studi Kasus di Wilayah Kediri)

Nuriza, Salma Labiba (2022) Tinjauan Ijarah terhadap Endorsement pada Produk Kosmetik di Media Sosial Instagram (Studi Kasus di Wilayah Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931216818_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
931216818_bab1.pdf

Download (536kB)
[img] Text
931216818_bab2.pdf

Download (998kB)
[img] Text
931216818_bab3.pdf

Download (345kB)
[img] Text
931216818_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
931216818_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text
931216818_bab6.pdf

Download (115kB)
[img] Text
931216818_daftarpustaka.pdf

Download (236kB)
[img] Text
931216818_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB)

Abstract

Praktek endorsement yang terjadi di masyarakat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak yang berakad yakni antara pelaku usaha dan selebgram yang berfokus pada produk kosmetik di wilayah Kediri dan kemudian ditinjau dari sistem upah-mengupah dalam agama Islam/Ijarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme endorsement pada produk kosmetik yang dilakukan oleh selebgram di wilayah Kediri dan mengetahui tinjauan ijarah terhadap endorsement produk kosmetik di wilayah Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif dengan pendekatan studi kasus atau penelitian lapangan. Penelitian ini mengamati dan mengobservasi mengenai endorsement di media sosial Instagram dan kemudian mengumpulkan data dari pihak yang bersangkutan dalam praktek endorsement yaitu selebgram dan pelaku usaha (online shop) sebagai data primer berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dan didapatkan dengan cara membaca kajian pustaka, mencari rujukan teoritis yang relevan dengan penelitian, buku-buku, jurnal dan internet. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mekanisme endorsement pada produk kosmetik pada dasarnya sama dengan endorsement pada produk lainnya. Namun, terdapat perbedaan yang terletak pada jangka waktunya yang lebih lama karena selebgram akan mencoba produk kosmetik tersebut selama 3-7 hari, sedangkan untuk produk selain kosmetik tidak harus dicoba dengan jangka waktu tersebut. Dan sistem pengupahan pada praktek endorsement telah sesuai dengan konsep akad ijarah yang terdiri dari akad, aqidain/pihak yang melakukan akad, objek perjanjian dan pemberian ujrah/upah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial Law, Islamic Contract Law) > 18012709 Ijarah, Ju’alah, ‘Iwadl (Kontrak Kerja, Sewa-menyewa, Upah)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Salma Labiba Nuriza
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:24
Last Modified: 03 Nov 2022 06:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6765

Actions (login required)

View Item View Item