Implementasi Metode Experimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MI Nasyatul Mubtadi'in Wates Kediri

Ummah, Mufarrichatul (2022) Implementasi Metode Experimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MI Nasyatul Mubtadi'in Wates Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932612518_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932612518_bab1.pdf

Download (264kB)
[img] Text
932612518_bab2.pdf

Download (248kB)
[img] Text
932612518_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
932612518_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
932612518_bab5.pdf

Download (311kB)
[img] Text
932612518_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932612518_daftarpustaka.pdf

Download (177kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode yang digunakan oleh guru kurang tepat, dan kurang bervariasi yaitu menggunakan metode ceramah, sehingga suasana pembelajaran membuat siswa merasa jenuh dan hasil belajar siswa kurang maksimal. Peneliti berupaya melakukan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif dalam pembelajaran IPA, yaitu dengan melakukan metode eksperimen. Dengan metode ini, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui bagaimana implementasi metode eksperimen pada mata pembelajaran IPA 2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MI Nasyiatul Mubtadi’in Wates Kediri pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap pelaksanaanya menggunakan metode eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV-C MI Nasyiatul Mubtadi’in yang berjumlah 26 siswa 17 perempuan dan 9 laki-laki. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan kuantitatif sederhana yaitu perhitungan data yang telah diperoleh dan data kualitatif dengan mendeskripsikan hasilnya. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila mencapai 85%. Kemudian hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa data hasil dari belajar siswa yang meningkat hampir memperoleh 100% di siklus terkhir yaitu pada siklus II. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Implementasi metode eksperimen dilaksanakan dengan empat tahapan penelitian yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Implementasi metode eksperimen pada mata pelajaran IPA materi sifat cahaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa terbukti saat proses pembelajaran berlangsung dengan hasil pra siklus sampai siklus II. 2) Peningkatan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan presentase rata-rata yang diperoleh pra siklus 75,1% presentase ketuntasan 34,6%, lalu siklus I rata-rata naik menjadi 76,5% presentase ketuntasan 73%, kemudian rata-rata naik lagi menjadi 85,5% ketuntasan 88,4% pada siklus ke II. Hasil pengamatan pada pra siklus- siklus II diperoleh hasil 100% siswa yang tergolong kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa dari siklus I-II rata-rata kemampuan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV-C di MI Nasyiatul Mubtadi’in pada materi sifat-sifat cahaya dan dinyatakan tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mufarrichatul Ummah
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:59
Last Modified: 31 Oct 2022 07:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6702

Actions (login required)

View Item View Item