Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus UMKM Muzada Madu Desa Puhsarang Kecamatan Semen Kabupaten Kediri)

Wilujeng, Meika Rahayu (2022) Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus UMKM Muzada Madu Desa Puhsarang Kecamatan Semen Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931301618_prabab.pdf

Download (605kB)
[img] Text
931301618_bab 1.pdf

Download (524kB)
[img] Text
931301618_bab2.pdf

Download (682kB)
[img] Text
931301618_bab3.pdf

Download (401kB)
[img] Text
931301618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)
[img] Text
931301618_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text
931301618_bab6.pdf

Download (190kB)
[img] Text
931301618_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931301618_suratpernyataan.pdf

Download (183kB)

Abstract

Strategi Digital Marketing merupakan strategi pemasaran yang digunakan oleh penjual dengan memanfaatkan media online seperti media sosial, blog, website, yang digunakan untuk media berjualan termasuk branding. Bertujuan agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan dapat diakses dimanapun dan kapan pun oleh penjual dan pembeli. Omset penjualan merupakan hasil dari keseluruhan penjualan yang dikumpulkan selama kurun waktu terentu dalam sebuah perusahaan. Masa Pandemi Covid-19 merupakan masa dimana perekonomian masyarakat menurun akibat adanya penyebaran virus yang menghambat aktivitas perekonomian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi digital marketing yang digunakan oleh UMKM Muzada madu dan peran digital marketing dalam meningkatkan omset penjualan dalam perspektif marketing syariah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi di lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data Primer diperoleh peneliti dari Pemilik UMKM dan sumber data sekunder diperoleh peneliti dari data bukti berupa catatan dan laporan terkait penelitian.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi digital marketing yang digunakan pada UMKM Muzada Madu di masa Pandemi Covid-19 ini yaitu (STP) dan marketing mix (4P). Strategi ini digunakan untuk menentukan sasaran konsumen yang tepat dengan produk yang dijual sesesuai dengan kebutuhan pasar. Strategi digital marketing digunakan oleh UMKM Muzada Madu untuk meningkatkan daya tarik konsumen melalui iklan dan promosi di media digital. Selama Pandemi Covid-19 ini media sosial menjadi alat komunikasi dan transaksi yang sering digunakan. Hasilnya omset penjualan meningkat dengan pemenggunaan media sosial dalam kegiatan promosinya. Strategi digital marketing yang digunakan menggunakan prinsip marketing syariah yang di dalamnya tidak ada unsur penipuan ataupun ketidak adilan yang dapat merugikan pihak lain. Dengan penerapan marketing syariah UMKM Muzada Madu ini menjadi pusat jual beli madu yang terpercaya di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Meika Rahayu Wilujeng
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:26
Last Modified: 27 Oct 2022 02:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6646

Actions (login required)

View Item View Item