Konsep Ilmu Dan Qalb Dalam Pendidikan Islam: Analisis Terhadap Ayat Tarbawi

Binarto, Binarto (2021) Konsep Ilmu Dan Qalb Dalam Pendidikan Islam: Analisis Terhadap Ayat Tarbawi. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101616033_prabab.pdf

Download (710kB)
[img] Text
92101619033_bab1.pdf

Download (638kB)
[img] Text
92101619033_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
92101619033_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text
92101619033_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text
92101619033_bab5.pdf

Download (248kB)
[img] Text
92101619033_daftarpustaka.pdf

Download (693kB)
[img] Text
92101616033_suratpernyataan.pdf

Download (150kB)

Abstract

ABSTRAK Binarto, 2021, Konsep Ilmu dan Qalb dalam Pendidikan Islam: Analisis terhadap Ayat-ayat Tarbawi, Pendidikan Agama Islam(PAI), Pascasarjana IAIN Kediri, Dosen Pembimbing I: Dr. Mukhammad Abdullah, M.Ag , Dosen Pembimbing II: Dr. H. Muniron, M.Ag Kata Kunci: Konsep Ilmu, Konsep Qalb, Pendidikan Islam, ayat Tarbawi Penelitian ini dilatar belakangi bahwa salah satu faktor kemulyaan manusia dibanding dengan makhluk lainnya adalah karena faktor ilmunya. Dengan ilmu manusia menjadi mulia, dengan ilmu pula ibadah manusia menjadi berkualitas dan diterima. Namun disisi lain, tindakan dan perbuatan baik buruk manusia ternyata bukan ditentukan oleh ilmu yang dimilikinya, akan tetapi ditentukan oleh keadaan hatinya. Baik buruknya hati itulah yang menentukan sikap dan prilaku manusia. Oleh karena itu, Pendidikan Islam harus mendapatkan perhatian khusus dan memiliki konsep ilmu dan qalb yang utuh supaya tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik dan maksimal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana konsep ilmu dalam Pendidikan Islam? 2) Bagaimana konsep qalb dalam Pendidikan Islam? 3) Bagaimana peran qalb terhadap ilmu dalam Pendidikan Islam? yang kesemuanya dalam prespektif analisis terhadap ayat-ayat tarbawi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan tafsir tematik. Adapun teknik analisa data menggunakan metode analitis kritis. Dalam pengambilan data-datanya penulis mengambil dari data primer, yakni Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Munir(Marah Labid) karya imam Nawawi Banten dan Tafsir al-Misbah karya M. Quraish Shihab. Sedangkan dari kitab kuningnya mengambil dari kitab Ihya’ Ulumuddin karya imam al-Ghazali, dan Ta’lim al-Muta’llim karya al-Zarnuji. Hasil yang diperoleh adalah: 1) Konsep ilmu menurut Islam berbeda dengan konsep ilmu menurut ilmuwan Barat, baik sumbernya, obyeknya, pembagiannya maupun sarana untuk mencapainya. 2) Qalb menurut Pendidikan Islam adalah sesuatu yang bersifat lathifah (halus), rabbaniyah (ketuhanan) dan ruhaniyah (tak berbentuk) yang menggambarkan hakikat diri manusia itu sendiri. Bersih dan Sucinya qalb akan sangat berpengaruh terhadap ilmu, baik dalam proses memperolehnya maupun pengamalannya. 3) Peran qalb terhadap ilmu dalam Pendidikan Islam ada dua, pertama, qalb adalah alat dan sarana dalam memperoleh ilmu, kedua, qalb adalah wadah/tempat untuk menampung ilmu itu sendiri. Implikasinya adalah bahwa dalam Pendidikan Islam harus selalu memperhatikan atas kesucian qalb, karena dengan kesucian qalb itulah ilmu mudah diperoleh dan dan ikut terjaga kesuciannya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Binarto Binarto
Date Deposited: 26 Oct 2022 08:04
Last Modified: 26 Oct 2022 08:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6643

Actions (login required)

View Item View Item