Pembentukan Kepribadian Anak Menurut Surat Luqman Ayat 12-19:Studi Komparatif Antara Tafsir Al-Azhar Dan Al-Qur'an Al-Azim

Alfath, Sabrina Silvia (2022) Pembentukan Kepribadian Anak Menurut Surat Luqman Ayat 12-19:Studi Komparatif Antara Tafsir Al-Azhar Dan Al-Qur'an Al-Azim. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933806218_Prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933806218_bab1.pdf

Download (674kB)
[img] Text
933806218_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933806218_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img] Text
933806218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[img] Text
933806218_bab5.pdf

Download (427kB)
[img] Text
933806218_daftarpustaka.pdf

Download (443kB)
[img] Text
933806218_suratpernyataan.pdf

Download (353kB)

Abstract

Pembentukan kepribadian setiap orang didasari dari dimana dan dengan siapa kepribadian itu dibentuk. Faktor utama yang dapat mempengaruhi kepribadian seseorang adalah Orang Tua dan faktor pendukung dalam pembentukannya adalah lingkungan sekitar. Dalam al-Qur’an telah diterangkan bagaimana cara membentuk kepribadian pada anak sebagaimana yang penulis jelaskan pada penelitian ini dengan mengambil surat Luqmān ayat 12 sampai ayat 19. Untuk memahami tafsiran surat Luqmān ayat 12-19 penulis mengambil dari dua orang mufassir yang berbeda yaitu Tafsīr al-Qur'ān al-ʿAẓīm karya Ibnu Kathir dan Tafsir al-Azhar karya Hamka. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research) yang dilakukan dengan mencari dan mengumpulkan data yang sesuai dengan tema menggunakan sumber data primer berupa al-Qur’an dan sumber data sekunder berupa kitab-kitab tafsir, buku, jurnal artikel, skripsi yang membahas tentang Pembentukan kepribadian anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kornparatif. Adapun jenis penelitiannya adalah kualitatif dengan cara menjelajahi buku-buku yang ada kaitannya dengan pokok permasalahan yang dibahas secara deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan Dalam Tafsīr al-Qur'ān al-ʿAẓīm dan Tafsir al-Azhar terdapat tiga aspek pendidikan dalam membentuk kepribadian anak berdasarkan surat Luqmān ayat 12 sampai ayat 19, yaitu: 1. Aspek ketauhidan, yakni dengan menjelaskan dan mengajarkan perintah bertakwa kepada Allah dan menjauhi segala laranganNya dengan tidak mempersekutukan Allah 2. Aspek ibadah, dengan mengajarkan anak agar mengerjakan shalat lima waktu, mencontohkan amar ma’ruf dan nahi munkar, dan 3. Aspek akhlak, berbudi luhur terhadap orangtua dengan tidak meninggikan suara serta berkata kasar, mengucapkan salam yang merupakan adab orang Islam yang wajib diamalkan dalam kehidupan. Dari ketiga aspek pendidikan tersebut diharapkan anak dapat memiliki kepribadian sebagai seorang Muslim yang bertanggung jawab, berakhlaq mulia, dan bertaqwa kepada Allah Taʿālā.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education (Pendidikan usia dini)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040303 Al-Qur'an and Related Science (Al-Qur’an dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030305 Tafsir Al-Qur’an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Sabrina Silvia Alfath
Date Deposited: 24 Oct 2022 07:09
Last Modified: 24 Oct 2022 07:09
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6621

Actions (login required)

View Item View Item