Imbirul, Pasha (2022) Strategi Fundraising Laz Yatim Mandiri Jombang Dalam Meningkatkan Jumlah Donatur Ditinjau Dari Manajemen Fundraising. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931405517_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
931405517_BAB 1.pdf Download (742kB) |
|
Text
931405517_BAB 2.pdf Download (796kB) |
|
Text
931405517_BAB 3.pdf Download (604kB) |
|
Text
931405517_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) |
|
Text
931405517_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) |
|
Text
931405517_BAB 6.pdf Download (577kB) |
|
Text
931405517_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (474kB) |
|
Text
931405517_LAMPIRAN pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
931405517_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi pdf.pdf Download (466kB) |
Abstract
Lembaga Amil Zakat merupakan lembaga sosial berbasis kemasyarakatan yang tidak berorientasi pada keuntungan. Salah satunya adalah Yatim Mandiri. Lembaga ini berfokus pada kemandirian anak yatim dhuafa. Yatim Mandiri dalam menjalankan sebagai lembaga kemasyarakatan membutuhkan kegiatan fundraising, sehingga perlu untuk diketahui sistem yang dijalankan Yatim Mandiri melalui manajemen fundraising yang diterapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa strategi fundraising dalam meningkatkan jumlah donatur pada sebuah lembaga amil zakat khususnya pada Yatim Mandiri Jombang. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan peneliti dengan mengamati kegiatan yang berkaitan dengan permasalahan. Wawancara dilakukan peneliti dengan pihak terkait seperti Kepala Cabang Yatim Mandiri Jombang, Staff program, Staff Data, Staff keuangan, dan ZISCo. Dokumentasi laporan perolehan jumlah donatur beserta jumlah nominal donasi, profil Yatim Mandiri, dan laporan kegiatan ZISCo. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Yatim Mandiri Jombang menerapkan siklus atau tahapan strategi fundraising yaitu identifikasi donatur, dan penggunaan metode fundraising, strategi fundraising yang telah diterapkan menunjukkan hasil bahwa jumlah donatur menunjukkan peningkatan stabil. Sehingga untuk meningkatkan hasil yang maksimal perlu adanya penggunakan metode yang terstruktur, merutinkan followup setiap hari dan strategi yang telah ada lebih ditinggkatkan. Dari penerapan empat manajemen fundraising sudah baik yaitu: a) Planning : menetapkan perencanaan target sesuai kegiatan fundraising, b) Organizing : struktur organisasi sudah optimal, c) Actuating : pelaksanaan sudah baik dengan dibina oleh Kepala Cabang secara langsung, d) Controlling : sudah baik dalam mengontrol dan mengevaluasi dalam kegiatan fundraising.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Imbirul Pasha |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 07:24 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 02:59 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6613 |
Actions (login required)
View Item |