Ananda, Sabrina Jasmine Tasya (2022) Pengaruh Penggunaan Gadget Berlebihan Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri di Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933707118_prabab.pdf Download (998kB) |
|
Text
933707118_bab1.pdf Download (653kB) |
|
Text
933707118_bab2.pdf Download (469kB) |
|
Text
933707118_bab3.pdf Download (478kB) |
|
Text
933707118_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) |
|
Text
933707118_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
|
Text
933707118_bab6.pdf Download (170kB) |
|
Text
933707118_daftarpustaka.pdf Download (391kB) |
|
Text
sabrina.pdf Download (41kB) |
Abstract
ABSTRAK Ananda, Sabrina Jasmine Tasya. 2022. Pengaruh Penggunaan Gadget Berlebihan Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa MAN 3 Kediri di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Program Studi Sosiologi Agama, Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri. Pembimbing (I) Dr. Taufik Alamin, M. Si, dan Pembimbing (II) M. Thoriqul Huda, M. Fil. I. Kata Kunci:Covid-19, Gadget, Interaksi sosial, Pandemi. Selama pandemi Covid-19 mobilitas masyarakat mengurangi pengurangan, hal tersebut menyebabkan intensitas penggunaan gadget meningkat. Adanya peningkatan menggunakan gadget ini berpengaruh terhadap kemampuan interaksi sosial, salah satunya kemampuan interaksi sosial remaja, dimana remaja dianggap paling aktif dalam penggunaan gadget dibandingkan kalangan usia yang lain. Disini peneliti ingin melakukan penelitian terhadap bagaimana pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial remaja dan faktor apa saja yang mempengaruhinya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi sosial yang dikemukakan oleh George Simmel. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi berjumlah 208 siswa dan sampel yang diambil berjumlah 66 siswa kelas X IPS Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri.Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah non probability sampling yaitu quota sampling. Hasil dari penelitian ini adalah hipotesis dalam penelitian ini diterima, dimana Ho ditolak dan Ha diterima, Hal tersebut dapat dilihat melalui nilai signifikasi 0,000 > 0,05, dan nilai t hitung diperoleh sebesar -3.836>1,999, nilai negatif pada t hitung menunjukkan adanya pengaruh negatif. Semakin tinggi nilai R square maka semakin besar pula pengaruh penggunaan gadget berlebihan terhadap kemampuan interaksi sosial siswa dilihat dari nilai R square yang sebesar 23,1%. Selain itu, adapula faktor-faktor yang mempengaruhinya, antara lain: kurangnya perhatian orang tua, rendahnya kontrol diri, dan pengaruh lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1608 Sociology > 160805 Social Change |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Sosiologi Agama |
Depositing User: | Sabrina Jasmine Tasya Ananda |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 05:13 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 05:13 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6584 |
Actions (login required)
View Item |