Sofyanudin, Mochammad (2018) Peran Penerapan Syariah Marketing Pada Pengembangan CV. FCK Corporation Kelurahan Blabak Kecamatan Pesantren Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931304713-prabab.pdf Download (3MB) |
|
Text
931304713-bab1.pdf Download (223kB) |
|
Text
931304713-bab2.pdf Download (338kB) |
|
Text
931304713-bab3.pdf Download (160kB) |
|
Text
931304713-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
|
Text
931304713-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
|
Text
931304713-bab6.pdf Download (89kB) |
|
Text
931304713-DP.pdf Download (170kB) |
|
Text
931304713-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Syariah marketing adalah sebuah disiplin bisnis strategis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran, dan perubahan value dari suatu inisiator pemasar kepada stakeholders-nya, dimana keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah. CV. FCK Corp merupakan industri rumahan yang bergerak dibidang makanan ringan. Perusahaan ini juga menerapkan sistem syariah marketing dalam pengembangan bisnisnya. Terbukti dengan penggunaan konsep-konsep syariah marketing seperti menggunakan bank-bank syariah dalam transaksional perusahaan dan menjalankan praktekpraktek keagamaan dalam manajerial perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, dimana kehadiran peneliti di lapangan sangat diperlukan. Sumber data utama penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: 1. CV. FCK Corporation merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri makanan ringan ternyata telah menerapkan konsep syariah marketing dalam kegiatan bisnisnya, seperti menerapkan nilai-nilai keagamaan dalam keseharian bisnisnya, merespon tanggapan konsumen dengan baik, serta meluangkan sebagian dari omzet perusahaan untuk kegiatan keagamaan. Penerapan kegiatan tersebut termasuk dalam aspek teitis, etis, realistis, dan humanistis. Namun dalam prinsip-prinsip pemasaran perspektif syariah, perusahaan belum sepenuhnya memenuhi aspek-aspek yang tertera dalam prinsip tersebut. Terbukti dengan belum tercantumkannya hak dan harga muamalat non tunai. 2. Peran penerapan syariah marketing ikut andil dalam pengembangan bisnis CV. FCK Corporation. Indikatornya seperti manajemen keuangan yang sehat, penyisihan sebagian omzet pendapatan perusahaan untuk kegiatan amal, melakukan ekspansi bauran pemasaran hingga ke luar negeri, menggunakan jasa ekpedisi guna efisiensi dan efektifitas pengiriman barang, serta selalu mengupgrade produk sesuai dengan permintaan pasar, semakin menunjukkan bahwa syariah marketing sangat berperan dalam pengembangan bisnis CV. FCK Corporation.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 07:56 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 07:56 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/658 |
Actions (login required)
View Item |