Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Al Muwazanah Gondang Plosoklaten Kediri

Alvin, M. Khoirul (2022) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Al Muwazanah Gondang Plosoklaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932131418_prabab.pdf

Download (887kB)
[img] Text
932131418_bab1.pdf

Download (343kB)
[img] Text
932131418_bab2.pdf

Download (496kB)
[img] Text
932131418_bab3.pdf

Download (227kB)
[img] Text
932131418_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
932131418_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
932131418_bab6.pdf

Download (202kB)
[img] Text
932131418_daftarpustaka.pdf

Download (323kB)
[img] Text
932131418_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (978kB)
[img] Text
932131418_suratpernyataan.pdf

Download (112kB)

Abstract

Pada kegiatan belajar mengajar guru harus memiliki upaya untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Upaya guru sendiri memiliki arti usaha, ikhtiar pendidik dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, memfasilitasi dan mengevaluasi siswa. Motivasi belajar merupakan faktor penting karena hal tersebut keadaan yang mendorong siswa mau untuk melakukan kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Al Muwazanah. 2) Kendala dan solusi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Al Muwazanah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini, dilakukan dengan menggunakan tiga langkah yaitu, pertama reduksi data untuk merangkum, memilih dan memfokuskan pada hal-hal yang penting, kedua penyajian data guna memastikan data lengkap serta validitas dan rebilitasnya jelas, ketiga penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun Pengecekan keabsahan data berupa peningkatan ketekunan, perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Al Muwazanah sudah berjalan dengan baik. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar yaitu memberikan ulangan atau tugas, memberikan hadiah, hukuman dan pujian. Selain empat bentuk motivasi, guru juga meningkatkan motivasi dengan cara mengoptimalkan unsur-unsur dinamis pembelajaran, mengoptimalkan pemanfaatan upaya guru dalam mengajar siswa dan mengoptimalkan penerapan prinsip-prinsip belajar. 2) Kendala dan solusi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Al Muwazanah terdiri dari faktor internal dan eksternal siswa. Faktor internal siswa adalah malas dan kurang bersemangat. Solusi yang diberikan adalah menyediakan bimbingan belajar, memberikan dorongan dan semangat bagi siswa. Faktor eksternal salah satunya adalah guru masih memiliki kendala dalam penyalurannya. Solusi yang diberikan guru adalah dengan melakukan rapat bulanan untuk membahas permasalahan yang terjadi dan cara untuk mengatasinya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Khoirul Alvin
Date Deposited: 20 Oct 2022 02:49
Last Modified: 20 Oct 2022 06:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6557

Actions (login required)

View Item View Item