Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Efikasi Diri Matematika Siswa Sd Negeri Lontar 481 Surabaya

Anggraeni, Eka Aprilia (2022) Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Efikasi Diri Matematika Siswa Sd Negeri Lontar 481 Surabaya. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933401415_prabab.pdf

Download (457kB)
[img] Text
933401415_bab1.pdf

Download (349kB)
[img] Text
933401415_bab2.pdf

Download (278kB)
[img] Text
933401415_bab3.pdf

Download (359kB)
[img] Text
933401415_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
933401415_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
933401415_bab6.pdf

Download (194kB)
[img] Text
933401415_daftarpustaka.pdf

Download (213kB)
[img] Text
933401415_suratpernyataan.pdf

Download (360kB)

Abstract

ABSTRAK Anggraeni, Eka Aprilia, 2022. Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Efikasi Diri Matematika Siswa SD Negeri Lontar 481 Surabaya, Skripsi, Program Studi Psikologi Islam, Jurusan Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi dan (2) Dr. Rini Risnawita Suminta, M.Si. Kata Kunci: Efikasi Diri Matematika, Dukungan Sosial Teman Sebaya, Siswa SD Negeri Lontar 481 Surabaya Berdasarkan hasil survey dari beberapa penelitian, sampai saat ini mata pelajaran matematika masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar siswa dibandikan mata pelajaran lainnya. Fenomena ini juga dirasakan oleh siswa di SD Negeri Lontar 481 Surabaya, mereka memiliki rasa ketidakyakinan atas kemampuannya matematika dalam dirinya. Menurut Bandura keyakinan atau harapan ini sebagai efikasi diri. Fenomena ini juga diperkuat dengan mereka yang tidak saling mendukung dalam pembelajaran matematika di kelas. Menurut Sarafino dukungan sosial mengacu pada memberikan kenyaman pada orang lain, merawatnya, atau menghargainya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa besar tingkat dukungan sosial teman sebaya siswa di SD Negeri Lontar 481 Surabaya, seberapa besar tingkat efikasi diri matematika siswa di SD Negeri Lontar 481 Surabaya, dan seberapa besar hubungan antara dukungan sosial teman sebaya terhadap efikasi diri matematika siswa di SD Negeri Lontar 481 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini menggunakan seluruh siswa kelas V dan VI di SDN Lontar 481 Surabaya dengan jumlah 64 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan skala, yaitu skala dukungan sosial teman sebaya dan skala efikasi diri. Skala dukungan sosial teman sebaya disusun berdasarkan teori Sarafino, dan untuk skala efikasi diri matematika disusun berdasarkan teori Bandura. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian didapatkan bahwa siswa SD Negeri 481 Surabaya cenderung memiliki tingkat dukungan sosial teman sebaya yang rendah, dengan presentase 40,6%. Dan untuk tingkat efikasi diri matematika pada siswa SD Negeri Lontar 481 Surabaya memperoleh hasil yang rendah dengan presentase 45,3%. Pearson Correlation antara dukungan sosial teman sebaya dengan efikasi diri matematika menunjukan angka 0,867>0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antar dua variabel. Dan tingkat hubungan dukungan sosial teman sebaya dan efikasi diri matematika siswa SD Negeri Lontar 481 Surabaya memiliki nilai sebesar 0.751 atau 75,1%. Dari hasil tersebut dimaknai bahwa 75,1% efikasi diri matematika dipengaruhi oleh dukungan sosial teman sebaya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education (Gender, Seksualitas dan Pendidikan)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Eka Aprilia Anggraeni
Date Deposited: 12 Oct 2022 06:44
Last Modified: 12 Oct 2022 06:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6532

Actions (login required)

View Item View Item