Implementasi Metode Pembelajaran Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih Siswa Kelas VIII-E Di MTs Ma’arif NU Kota Blitar

Rahmawati, Nur Fitri (2022) Implementasi Metode Pembelajaran Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih Siswa Kelas VIII-E Di MTs Ma’arif NU Kota Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117818_PRABAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932117818_BAB1.pdf

Download (372kB)
[img] Text
932117818_BAB2.pdf

Download (424kB)
[img] Text
932117818_BAB3.pdf

Download (540kB)
[img] Text
932117818_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932117818_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
932117818_BAB6.pdf

Download (235kB)
[img] Text
932117818_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
932117818_sp.pdf

Download (346kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-E Mts Ma’arif NU Kota Blitar yang selama pandemi mengalami penurunan, untuk itu perlu meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode secara tepat. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode card sort untuk mengembalikan hasil belajar siswa. Metode card sort adalah sebuah metode pembelajaran yang bersifat kolaboratif yang berupa potongan-potongan kertas yang dijadikan sebuah kartu yang berisi terkait informasi materi. Kemudian siswa dapat mengelompok sesuai dengan kartu indeks yang dimilikinya. Setelah itu siswa dapat mendiskusikan dan mempresentasikan hasil diskusi tentang matei yang terbagi dalam kelompoknya. Adapun penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui penerapan metode card sort dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih Kelas VIII-E di Mts Ma’arif Nu Kota Blitar 2) Mengetahui pengaruh Implementasi Metode Card Sort dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-E pada mata pelajaran fikih di Mts Ma’arif NU Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), adapun model penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggart dengan menggunakan 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: Perencanaan, Pelaksaaan tindakan, Pengamatan dan Perefleksian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E Mts Ma’arif Nu Kota Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis menggunakan statistik deskriptif untuk mengolah data. Aadapun hasil penelitian pada penelitian ini yaitu 1) Implementasi metode card sort dilakukan sebanyak 2 siklus, pada masing masing siklus memiliki Langkah Langkah sebagai berikut: Guru membagikan kartu yang sudah diberi materi yang akan dibahas kepada siswa secara acak, kemudian mengarahkan siswa untuk mencocokan kartu yang dipegang dengan teman yang sama sehingga terbentuk kelompok lalu guru menyuruh dari isi kartu itu untuk dibahas, Setiap kelompok memepersiapkan topik-topik yang telah ditentukan, Setiap kelompok mendiskusikan topik didalam kelompoknya masing-masing serta mempresentasikan di depan kelas 2) Metode Card sort Dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-E pada Mata pelajaran Fikih kelas VIII-E Mts Ma’arif Nu Kota Blitar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Fitri Rahmawati
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:35
Last Modified: 27 Jul 2023 02:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6503

Actions (login required)

View Item View Item