Wulandari, SIlvi Rahayu Dwi (2022) Penerapan Metode Peer Tutoring dalam Meningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an pada Santri Pondok Pesantren Sunan Ampel Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932125218_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932125218_bab1.pdf Download (572kB) |
|
Text
932125218_bab2.pdf Download (633kB) |
|
Text
932125218_bab3.pdf Download (324kB) |
|
Text
932125218_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) |
|
Text
932125218_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) |
|
Text
932125218_bab6.pdf Download (263kB) |
|
Text
932125218_daftarpustaka.pdf Download (303kB) |
Abstract
Salah satu aspek yang menetukan dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an adalah metode yang digunakan. Metode peer tutoring terbukti memilki peran yang sangat menentukan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi metode peer tutoring dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri Pondok Pesantren Sunan Ampel Kota Kediri. Adapun metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Untuk memerlukan data yang diperlukan, penulis melakukan kegiatan yang meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Kegiatan wawancara dilakukan kepada pengasuh Pondok Pesantren Sunan Ampel, Pengurus Pondok, santri tutor dan santri yang menjadi murid. Kegiatan observasi dilakukan untuk melihat bagaimana proses penerapan metode peer tutoring di PP. Sunan Ampel tersebut. Data yang telah dikumpulkan kemudian direduksi, ditampilakan dan ditarik kesimpulan. Untuk mendapat data yang valid, data kemudian dianalisis dengan menggunakan triangulasi sumber yang mana penulis membandingkan dan mengecek Kembali informasi yang telah diperoleh dari data hasil wawancara, observasi dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan metode peer tutoring dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an meliputi 3 tahapan yaitu: 1) Perencanaan penerapan metode peer tutoring dilaksanakan untuk menentukan kelompok, santri yang menjadi tutor serta waktu pelaksanaan kegiatan pembelajaran Al-Qur’an. 2) Pelaksanaan penerapan metode peer tutoring dilaksanakan dengan langkah-langkah pembelajaran yang sistematis (pembuka, inti, dan penutup) serta menggunakan teknik yang menunjang keaktifan santri dalam belajar membaca Al-Qur’an. 3) Evaluasi metode peer tutoring dilakukan dengan dua macam yaitu evaluasi harian dan evaluasi mingguan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021406 Maharat al-Kalam (Speaking Skill) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Silvi Rahayu Dwi Wulandari |
Date Deposited: | 25 Oct 2022 07:51 |
Last Modified: | 25 Oct 2022 07:51 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6487 |
Actions (login required)
View Item |