Syarafina, Almira Zata (2022) Hubungan Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA NEGERI 2 Kota Kediri Selama Blended Learning Di Masa Pandemi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933412816_prabab.pdf Download (357kB) |
|
Text
933412816_bab1.pdf Download (201kB) |
|
Text
933412816_bab2.pdf Download (339kB) |
|
Text
933412816_bab3.pdf Download (370kB) |
|
Text
933412816_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
|
Text
933412816_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
|
Text
933412816_bab6.pdf Download (87kB) |
|
Text
933412816_daftar_pustaka.pdf Download (229kB) |
Abstract
Syarafina, Almira, Zata. 2022 : Hubungan Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA Negeri 2 Kota Kediri Selama Blended Learning Di Masa Pandemi. Skripsi Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri Pembimbing I : Jati Pamungkas, M.A Pembimbing II : Fatma Puri Sayekti, M.Psi, Psikolog Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya wabah covid-19 yang mempengaruhi sektor pendidikan di Indonesia, hingga mengakibatkan pembatasan aktivitas termasuk kegiatan belajar mengajar di sekolah. Berbagai hal yang menjadi penyebab perilaku prokrastinasi pada siswa SMA Negeri 2 Kota Kediri dalam menjalankan pembelajaran seperti sering menunda menyelesaikan tugas, bersantai dan kurangnya pemahaman yang mengakibatkan proses belajar menjadi terbatas sehingga ini menjadi faktor penunda selesainya tugas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak dan bagaimana gambaran dari hubungan efikasi diri akademik dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA Negeri 2 Kota Kediri. Pengidentifikasian permasalahan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas X, XI, dan XII di SMA Negeri 2 Kota Kediri sebanyak 1.238 orang dan sampel yang digunakan sebanyak 302 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan skala efikasi diri dan prokrastinasi akademik dengan teknik simple random sampling. Variabel efikasi diukur menggunakan skala berdasarkan aspek efikasi diri dari Bandura yang terdiri dari 21 item, sedangkan variabel prokrastinasi akademik diukur menggunakan skala berdasarkan aspek dari Ferrari yang terdiri dari 26 item. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi product moment oleh Pearsons. Diperoleh hasil yaitu; 1) Tingkat efikasi diri pada siswa SMA Negeri 2 Kota Kediri selama blended learning di masa pandemi berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 81,5%. 2) Tingkat prokrastinasi akademik pada siswa SMA Negeri 2 Kota Kediri selama blended learning di masa pandemi berada pada kategori sedang dengan persentase 90,75%. 3) Hasil r = -0,602 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05), menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA Negeri 2 Kota Kediri selama blended learning di masa pandemi. Yang berarti semakin tinggi efikasi diri yang dimiliki seorang siswa, maka akan semakin rendah perilaku prokrastinasi akademiknya. Dan begitu pula sebaliknya. Kata Kunci: Efikasi Diri, Prokrastinasi Akademik, Blended Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Almira Zata Syarafina |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 02:27 |
Last Modified: | 06 Oct 2022 02:27 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6460 |
Actions (login required)
View Item |