MELATI, DEWI SINTA ARUM (2022) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDN 3 MOJOREJO MODO LAMONGAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932403618_prabab.pdf Download (350kB) |
|
Text
932403618_babI.pdf Download (369kB) |
|
Text
932403618_babII.pdf Download (450kB) |
|
Text
932403618_babIII.pdf Download (110kB) |
|
Text
932403618_bablV.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
Text
932403618_babV.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
|
Text
932403618_babVl.pdf Download (92kB) |
|
Text
932403618_daftarpustaka.pdf Download (153kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (1).pdf Download (17kB) |
Abstract
ABSTRAK MELATI ARUM, SINTA DEWI. Dosen Pembimbing I, Dr. Mukhammad Abdullah, M. Ag. Pembimbing II, Jerhi Wahyu Fernanda, M.Si.Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SDN 3 Mojorejo Modo Lamongan, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2022. Kata Kunci: Upaya Kepala Sekolah, Kinerja Guru. Upaya kinerja Guru yakni sebuah kegiatan yang di wajibkan kepada guru, agar dapat merealisasikan pengembangan lembaga pendidikan. Guna dari peningkatan kinerja guru agar guru bisa menstabilkan semua tanggung jawabnya menjadi seorang guru ( pengajar ) melaksanakan perintah kepala sekolah, yakni meningkatkan kinerjanya, dan kepala sekolah juga harus tanggap dalam setiap konsekuensi yang telah di buat dan yang telah di berikan untuk guru. Penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian studi kasus, dimana data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti menganalisis data dengan cara menelaah seluruh data yang diperoleh dengan mereduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa kepala skolah dalam meningkatkan kinerja guru yaitu dengan melakukan beberapa upaya agar tujuan dari pencapaian tersebut berhasil. Seperti dengan melakukan upaya menjalin hubungan yang baik dengan tenaga pendidik yang lain. Mengadakan workshop, mengevaluasi dan mengawasi kinerja pendidik secara langsung, yaitu sebelum dan sesudahnya melakukan proses belajar mengajar. Namun masih terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat. Adapun faktor pendukung dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 3 Mojorejo Modo Lamongan, yaitu tingginya rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang terjalin di lingkungan sekolah, adanya kemauan belajar yang tinggi dari tenaga pendidik tersebut, dan tingginya komitmen kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 3 Mojorejo Modo Lamongan. Dan faktor penghambat, dikeranakan jumlah guru yang berstatus PNS belum mencukupi, dan dikarenakan sebagian dari guru adalah yang berstatus keluarga, maka ada beberapa tugas yang tidak termanajemen dengan baik, antara tugas-tugas sekolah dengan diluar sekolah
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dewi Sinta Arum Melati |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 06:08 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 06:08 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6446 |
Actions (login required)
View Item |