Strategi Pengembangan Produk Tabungan Ib Hijrah Haji Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Haji (Studi Kasus PT Bank Muamalat KCP Nganjuk)

Hasanah, Zuni Fitriyatul (2022) Strategi Pengembangan Produk Tabungan Ib Hijrah Haji Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Haji (Studi Kasus PT Bank Muamalat KCP Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931416218_prabab.pdf

Download (531kB)
[img] Text
931416218_bab1.pdf

Download (184kB)
[img] Text
931416218_bab2.pdf

Download (180kB)
[img] Text
931416218_bab3.pdf

Download (36kB)
[img] Text
931416218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
931416218_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
931416218_bab6.pdf

Download (12kB)
[img] Text
931416218_daftarpustaka.pdf

Download (163kB)
[img] Text
931416218_suratpernyataan.pdf

Download (336kB)

Abstract

Strategi pengembangan produk merupakan strategi yang dilakukan oleh perbankan syariah agar bisa mengetahui arah kedepan dan tujuan yang akan dicapai oleh suatu perusahaan. Pada awal tahun 2018 Bank Muamalat KCP Nganjuk melakukan strategi pengembangan produk yang membawa dampak besar bagi peningkatan jumlah nasabah tabungan ib hijrah Haji pada tahun 2018 dan juga 2019. Pokok penelitian ini yaitu untuk menjawab: 1. Bagaimana strategi pengembangan produk tabungan iB Hijrah Haji Bank Muhammad KCP Nganjuk?, 2. Bagaimana strategi pengembangan produk tabungan iB Hijrah Haji Bank Muamalat KCP Nganjuk dalam meningkatkan jumlah nasabah haji? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis studi kasus. Data yang digunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian yaitu sebelum ke lapangan, tahap penelitian ke lapangan, tahap analisis data, tahap penulisan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan produk Tabungan iB Hijrah Haji Bank Muamalat KCP Nganjuk meliputi penurunan jumlah minimum setoran awal tabungan ib hijrah Haji, melakukan peningkatan pengenalan produk tabungan haji kepada nasabah, peluncuran aplikasi mobile banking (Muamalat-DIN), adanya produk baru tabungan hijrah rencana, dan adanya produk pembiayaan multiguna. Sedangkan strategi pengembangan produk Tabungan iB Hijrah Haji dalam meningkatkan jumlah nasabah yaitu kebijakan penurunan setoran awal dan setoran selanjutnya membuat masyarakat di seluruh kalangan bisa membuka rekening tabungan haji meski belum memiliki nominal uang yang cukup besar, sosialisasi dan edukasi tentang penggunaan aplikasi M-DIN oleh seluruh kalangan nasabah Bank Muamalat KCP Nganjuk, produk tabungan hijrah rencana untuk pendaftaran haji dapat dilakukan penyetoran dalam tempo waktu panen ataupun sesuai kesepakatan antara nasabah dan pihak Bank Muamalat KCP Nganjuk, serta pengajuan pembiayaan multiguna bagi nasabah yang memenuhi persyaratan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Zuni Fitriyatul Hasanah
Date Deposited: 05 Oct 2022 06:48
Last Modified: 05 Oct 2022 06:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6414

Actions (login required)

View Item View Item